3 DPC Demokrat di Jateng Diiming-iming Duit Agar Ikut KLB, Bagaimana Jatim?

Amir Baihaqi - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 13:59 WIB
demokrat jatim
Partai Demokrat Jatim/Foto: Tangkapan layar
Surabaya -

Tiga Ketua DPC Partai Demokrat di Jateng mengaku sempat mendapat iming-iming duit untuk mengikuti kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatra Utara. Lalu bagaimana di Jatim?

Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari mengungkapkan tidak pernah dihubungi untuk mengikuti KLB Demokrat di Deli Serdang oleh pihak tertentu. Ia juga mengaku tidak pernah mendapat iming-iming uang atau jabatan baik dalam kapasitas sebagai anggota DPR RI maupun ketua DPC.

"Saya tidak pernah dihubungi terkait KLB Partai Demokrat di Sibolangit, Sumut, baik kapasitas sebagai anggota DPR RI maupun Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya," ujar Lucy dalam keterangannya kepada detikcom, Sabtu (6/3/2021).

"Karena itu, saya tidak tahu adanya iming-iming sejumlah uang. Begitu juga iming-iming jabatan yang ditawarkan oleh pihak KLB," imbuh Lucy.

Menurut Lucy, selama 2 minggu ini dirinya berada di Surabaya dan Sidoarjo. Di dua kota itu, ia melakukan kunjungan sebagai anggota DPR RI untuk melaksanakan reses menemui konstituen.

"Saya selama reses meresmikan tiga Balai Pelatihan Komunitas di Sidoarjo, menemui konstituen di Surabaya," terang Lucy.

"Bahkan saya berkunjung ke Kampung 1001 Malam Surabaya. Di sini saya menyaksikan kemiskinan yang harus ditangani oleh Pemerintah Kota Surabaya dan Kementerian Sosial," lanjut Lucy.

Ditanya apakah ada daerah lain di Jatim yang sempat menerima iming-iming? Lucy tidak mengetahuinya. Ia kemudian mempersilahkan menanyakan hal itu ke Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Bayu Airlangga. Namun saat dihubungi melalui sambungan telepon, Bayu belum mengangkatnya.

Simak video 'PD Ungkap DPC Dijanjikan Rp 100 Juta untuk Dana Operasi 'Kudeta':

[Gambas:Video 20detik]



Ketua DPC Partai Demokrat Pamekasan H Hermanto juga mengaku tidak pernah mendapat tawaran untuk ikut atau bergabung dengan KLB Demokrat yang berlangsung Jumat (5/3). Meski pun ada tawaran, pihaknya akan tetap tegak lurus di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Alhamdulillah kalau Pamekasan aman dan tidak ada. Dan sampai detik ini DPC dan seluruh jajaran masih solid dan tegak lurus di bawah kepemimpinan Mas AHY," kata Hermanto.

Hal yang sama diungkapkan Ketua DPC Lamongan Debby Kurniawan. "Siang. DPC Lamongan tidak pernah dihubungi sama sekali untuk urusan KLB Sumut," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah Ketua DPC Demokrat di Jawa Tengah (Jateng) blak-blakan soal iming-iming duit untuk mengikuti acara yang diklaim kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatra Utara. Demokrat Jateng bergeming dan menyatakan solid mendukung kepemimpinan Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

(sun/bdh)