Gunung Raung Bertopi Awan, Warga Artikan Erupsi Selesai

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 21:36 WIB
Puncak Gunung Raung sempat tertutup awan Lenticularis. Awan itu menbuat gunung setinggi 3.332 mdpl tersebut tampak seperti bertopi.
Gunung Raung bertopi awan/Foto: Istimewa
Banyuwangi -

Puncak Gunung Raung sempat tertutup awan lentikularis. Awan itu membuat gunung setinggi 3.332 mdpl tersebut tampak seperti bertopi.

Warga heran sekaligus takjub dan mengabadikan fenomena tersebut. Gunung Raung bertopi diabadikan warga sekira pukul 16.00 WIB. Ada gumpalan awan di atas gunung tersebut.

Secara jelas, awan padat tersebut mengitari Gunung Raung yang erupsi. Saat menuju senja, awan tersebut tampak semakin indah.

"Waktu jalan-jalan bersama anak istri, nggak sengaja lihat fenomena ini. Seperti Gunung Raung sedang kedinginan, terus pakai topi hangat," kata Habib Abu Bakar, warga Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu yang mengabadikan momen Gunung Raung bertopi, Senin (22/2/2021).

Ia mengakui, pemandangan seperti ini bukan hal yang sering terjadi. Namun bagi dirinya dan keluarga, hal ini dapat menjadi pertanda bahwa Gunung Raung telah sembuh dari erupsinya.

"Ini kan kuasa Allah. Selain indah bagi kami, juga diartikan bahwa Gunung Raung telah selesai erupsinya. Semoga saja setelah ini tidak lagi gemuruh dan mengeluarkan abu vulkanik," imbuhnya.

Untuk diketahui, aktivitas vulkanik Gunung Raung saat ini terpantau menurun jika dibandingkan sebelumnya. Asap abu-abu dari kawah berketebalan tipis terkadang masih terlihat dengan ketinggian 300-500 meter. Sedangkan aktivitas tremor menerus (microtremor) masih terekam dengan amplitudo 1-5 mm (dominan 1 mm).

(sun/bdh)