Gunung Raung Masih Erupsi, Potensi Hujan Abu Juga Ada

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 17:00 WIB
Gunung Raung masih erupsi hingga saat ini. Abu vulkanik masih menyembur dari puncak gunung, meski intensitasnya menurun.
Gunung Raung dari kejauhan/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Gunung Raung masih erupsi hingga saat ini. Abu vulkanik masih menyembur dari puncak gunung, meski intensitasnya menurun.

Abu vulkanik tersebut juga kembali mengganggu penerbangan di Bandara Banyuwangi. Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo menyatakan, saat ini Gunung Raung masih mengeluarkan asap yang membawa material abu vulkanik.

"Kalau itu arah angin saja. Tiga hari kemarin arah angin dominan ke timur laut. Tadi pagi ke arah timur dan ke tenggara," ujarnya kepada wartawan, Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, ketinggian asap yang membawa abu vulkanik rata-rata masih mencapai seribu meter. Asap ini masih terus keluar meskipun ada jedanya. Berbeda dengan pada 7-12 Februari 2021 lalu. Pada periode itu asap yang membawa abu vulkanik keluar secara terus-menerus.

Dia menambahkan, meskipun aktivitas kegempaan dominan pada amplitudo 1 mm, namun intensitas abu vulkanik yang menyembur dari Gunung Raung masih cukup tebal. Sehingga potensi hujan abu masih terus terjadi.

"Sampai tadi pagi memang masih terus keluar. Jadi potensi hujan abu masih ada, tergantung arah angin," tambahnya.

Dalam data dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, ada awan asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna kelabu, dengan intensitas sedang dan tinggi 1000 m di atas puncak kawah. Asap atau abu tidak menerus, mengarah ke timur.

Untuk kegempaan, tektonik lokal terjadi 1 kali dengan amplitudo 25 mm, S-P 1.8 detik dengan durasi 75 Detik. Tektonik jauh terjadi 1 kali dengan amplitudo 32 mm, S-P 17 detik, durasi 89 Detik. Sementara tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 1-10 mm (dominan 1 mm).

Diberitakan sebelumnya, akibat sebaran abu vulkanik dari Gunung Raung, Bandara Banyuwangi kembali ditutup hari ini. Akibat penutupan ini, ada 4 penerbangan yang dibatalkan.

Penutupan Bandara Banyuwangi dilakukan sejak pukul 10.33 WIB hingga pukul 14.00 WIB melalui NOTAM nomor B0255/21. Namun penutupan bandara diperpanjang mulai 14.21 WIB sampai 16.00 WIB melalui NOTAM Nomor B0257/21.

Tonton Video: Dampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Banyuwangi Ditutup Sementara

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)