Cek 71 Sampel, Satgas Belum Temukan Kasus Corona B117 di Jatim

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 20:05 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Foto: Getty Images/iStockphoto/serts
Surabaya -

Satgas COVID-19 Jawa Timur telah mengecek 71 sampel virus Corona. Hasilnya, belum ditemukan adanya kasus Corona B117 di Jatim.

"Sudah dites ya, udah 71 dan belum ditemukan mutasi Corona B117. Jadi Jatim ada 71 sampel di tes, belum ditemukan mutasi Corona B117," ujar Jubir Satgas COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (4/3/2021).

Jibril menjelaskan, pengecekan 71 sampel dilakukan untuk mengetahui bagaimana mutasi dari COVID-19. Meski belum ditemukan mutasi Corona B117, Jibril memastikan satgas terus berkoordinasi dengan laboratorium yang bisa melakukan sequencing untuk selalu mengirimkan sampel.

Sequencing ini sendiri adalah proses mengurutkan RNA (ribonucleic acid) virus untuk mengetahui susunan aslinya. Dengan demikian, bila ada mutasi di Jatim, akan bisa segera dideteksi dan disampaikan ke masyarakat.

"Jadi sampel ini yang dideteksi urutan genetiknya," imbuhnya.

Sebelumnya Gubernur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat Jawa Timur agar tetap tenang dan tidak panik. Menurutnya, belum ada laporan kasus virus Corona B117 di Jatim.

"Saat ini mutasi virus Corona B117 UK sudah masuk ke Indonesia. Untuk itu, Pemprov Jatim dan masyarakat harus lebih waspada karena mutasi virus ini terbukti lebih menular 70 persen dibanding yang saat ini beredar. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tetap disiplin terapkan protokol kesehatan," ujar Khofifah dalam rilis yang diterima detikcom.

Khofifah menjelaskan, sampai saat ini belum ditemukan mutasi COVID B117 di Jatim.

(fat/fat)