Bahu Jalan di Malang Ambles, Jalur Batu-Kediri Dibuka Tutup

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 18:44 WIB
Bahu Jalan Brigjen Abdul Manan di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang ambles. Bahu jalan tersebut tergerus air Sungai Konto yang mengalir di sisi timur jalan.
Bahu Jalan Brigjen Abdul Manan yang ambles/Foto: Istimewa
Malang -

Bahu Jalan Brigjen Abdul Manan di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang ambles. Bahu jalan tersebut tergerus air Sungai Konto yang mengalir di sisi timur jalan.

Demi keamanan pengguna jalan, aparat kepolisian memberlakukan sistem buka tutup untuk jalur Batu-Kediri. Hari ini proses perbaikan baju jalan ambles juga langsung dilakukan.

"Bahu jalan ambles sekitar 20 meter (panjangnya). Penyebabnya karena tergerus air sungai. Untuk keamanan, diberlakukan buka tutup," terang Kapolsek Pujon AKP Supriyanto saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (3/3/2021).

Supriyanto mengatakan, bahu jalan ambles sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Namun, kondisi semakin parah dengan lebar dan panjang bahu jalan yang ambles bertambah.

"Tetapi hari ini sudah mulai diperbaiki. Semoga cepat selesai dan jalur kembali normal," imbuhnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Batu AKP Mala Darlius menambahkan, selama proses perbaikan belum rampung, maka kendaraan berat atau bertonase lebih akan dialihkan.

"Pengalihan arus hanya untuk kendaraan berat, karena rawan jika melintas di lokasi. Sementara ini hanya diberlakukan buka tutup, karena bahu jalan sebelah kiri ambles dan masa perbaikan," imbuhnya.

Satlantas Polres Batu menunggu kabar dari Bina Marga Provinsi Jawa Timur, apakah akses jalan sudah bisa kembali dilewati dua arah. "Jika perbaikan selesai dan bisa dilalui, maka akses jalan akan dibuka normal," pungkasnya.

Simak juga Video: Bahaya! Jalur Utama Pantura Subang Tergenang dan Berlubang

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)