Satir, Seniman Trenggalek Menari Hingga Berenang di Kubangan Jalan Rusak

Adhar Muttaqien - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 18:57 WIB
pentas tari di jalan rusak trenggalek
Pentas tari seniman Trenggalek ini digelar di jalan rusak berlumpur (Foto: Istimewa)
Trenggalek -

Sejumlah seniman Trenggalek yang tergabung dalam Kabul Cultur Space (KCS) menggelar pentas tari tradisional yang bebeda dibanding biasanya. Pentas tari itu digelar di jalan rusak penuh lubang dan lumpur.

Pentas tari yang normalnya digelar di atas panggung, dilakukan di jalan raya yang kondisinya rusak parah di Desa Kerjo, Kecamatan Karangan, Trenggalek. Dengan kostum yang seadanya, para seniman dengan lincah menampilkan tariannya.

Di atas kubangan air yang terbentuk akibat kerusakan jalan itu, tak mengurangi keseriusan seniman dalam menari Celengan tersebut. Tak hanya sekadar menari, seniman KCS juga memperagakan sejumlah adegan yang cukup menggelitik.

Salah satunya melakukan aksi renang di atas kubangan air, lengkap dengan peralatan snorkeling. KCS juga memperagakan adegan mancing di tengah kubangan air.

pentas tari di jalan rusak trenggalekBerenang di kubangan lumpur jalan rusak (Foto: Istimewa)

Salah satu anggota KCS, Resa Jaya mengaku aksi pentas tari dan teaterikal itu sengaja dilakukan untuk menghibur masyarakat yang sedang melintas di jalan rusak itu.

"Intinya ya menghibur pengguna jalan yang lewat, tapi memang di media sosial muncul isu, ada yang menyebut terkait jalan, ada juga yang menyebut celeng turun dari gunung cari kubangan, dan ada yang menganggap seniman butuh panggung," kata Resa.

Menurut Resa, munculnya berbagai persepsi masyarakat maupun warganet tersebut tidak menjadi soal. Pihaknya membebaskan masyarakat untuk berasumsi sendiri atas aksinya bersama komunitas.

Selanjutnya
Halaman
1 2