Ada Dugaan Pungli di Labkesda Mojokerto, Kadinkes: Saya Tidak Tahu

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 18:22 WIB
Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto dr Sujatmiko mengaku tidak tahu soal dugaan pungli dalam tes swab COVID-19 di Labkesda. Dia mengaku telah memanggil penanggung jawab Labkesda Mojokerto untuk mengklarifikasi dugaan pungli tersebut.
Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto dr Sujatmiko/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Mojokerto - Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto dr Sujatmiko mengaku tidak tahu soal dugaan pungli dalam tes swab COVID-19 di Labkesda. Dia mengaku telah memanggil penanggung jawab Labkesda Mojokerto untuk mengklarifikasi dugaan pungli tersebut.

Indikasi pungli dalam tes swab di Labkesda Mojokerto diperoleh detikcom dari sumber terpercaya di internal Dinas Kesehatan. Sumber ini memberikan data dalam bentuk foto pembukuan keuangan di Labkesda Mojokerto. Pembukuan yang ditulis tangan oleh pegawai Labkesda berinisial FR dan MS itu merinci uang masuk yang diduga hasil pungli.

Pada awal Januari 2021, tertulis saldo Rp 43.780.000 pada pembukuan tersebut. Sampai 28 Januari saja, setelah dikurangi berbagai pengeluaran, akumulasi uang yang diduga mengalir ke Labkesda Mojokerto sudah mencapai Rp 102.043.000.

Pemasukan yang diduga hasil pungli itu dari berbagai sumber. Mulai dari sejumlah rumah sakit swasta dari luar Mojokerto, perguruan tinggi swasta di Mojokerto hingga beberapa perusahaan. Nilai uang masuk bervariasi, mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 11,2 juta.

Namun, dr Sujatmiko mengaku tidak mengetahui adanya pembukuan diduga uang hasil pungli di laboratorium kesehatan, di bawah kendali Dinkes Kabupaten Mojokerto tersebut. Dia juga menyatakan tidak pernah menerima setoran dari Labkesda Mojokerto.

"Saya tidak tahu apa-apa terkait pembukuan itu. Tidak ada setoran, baik untuk saya maupun sebagai PAD (Pendapatan Asli Daerah)," kata dr Sujatmiko saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (2/3/2021).

Sejak awal melayani tes swab COVID-19 pada tahun lalu, dr Sujatmiko mengaku sudah mewanti-wanti para penanggung jawab di Labkesda Mojokerto agar tidak melakukan pungli. Arahannya itu dia sampaikan ke Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Labkesda Nur Mutoliah maupun ke Dokter Penanggung Jawab Labkesda dr Ulum Rokhmat, yang kini juga menjabat Sekretaris Dinkes Kabupaten Mojokerto.