Soal Seorang Terduga Teroris di Mata Warga Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 15:39 WIB
Densus 88 Antiteror juga menangkap terduga teroris di Surabaya Barat. Penggeledahan kemudian dilakukan di rumahnya yang berada di Surabaya Utara.
Rumah terduga teroris, ZA (43)/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Densus 88 Antiteror menangkap terduga teroris yang tinggal di Surabaya Utara. Lalu bagaimana sosok terduga teroris itu di mata warga sekitar?

Terduga teroris tersebut yakni ZA (43). Ia diduga ditangkap di kawasan Tanjungsari, Sukomanunggal pada Senin (1/3). Lalu Densus 88 melakukan penggeledahan di rumah ZA di Jalan Tambak Deres Gang II, RT 01 RW 01 Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak.

Rumah tersebut dihuni ZA dan istrinya. Menurut warga, pasutri itu merupakan tipe yang jarang bersosialisasi.

"Kalau tahu sih tahu. Cuma orangnya jarang kumpul (sosialisasi)," kata seorang warga, Kasianto kepada detikcom, Selasa (2/3/2021).

Ia juga mengungkapkan, sebelum pandemi COVID-19, rumah tersebut sering menggelar pengajian tengah malam. Namun warga keberatan dengan kegiatan tersebut, yang dianggap tidak wajar.

"Dulu sebelum COVID-19. Setelah masyarakat tidak menghendaki, kita merapat secara persuasif. Akhirnya nggak ada sekarang. Warga komplain dikarenakan tidak seperti pengajian yang kita tahu, rasanya kayak janggal, masyarakat tidak menyukai," lanjut Kasianto.

Kasianto menyebutkan, terduga teroris berangkat kerja pada pagi hari, dan pulang malam. "Kalau menurut informasi warga, kerjanya di pabrik sepatu. Jadi mengenai pekerjaan kurang jelas," imbuhnya.

Kesan yang sama diungkapkan warga lainnya, Tiara. Menurutnya, ZA sudah lama tinggal di Jalan Tambak Deres setelah menikahi istrinya.

"Cuma saya tidak pernah lihat orangnya (terduga teroris). Maksudnya berangkatnya dan pulangnya nggak ada yang tahu. Nggak pernah sosialisasi dengan tetangga," terangnya.

Pantauan detikcom, rumah terduga teroris itu terlihat sepi. Di lingkungan rumahnya juga terdapat sebuah musala.

Tonton juga video 'Densus Sita Pistol Rakitan-Samurai dari 12 Terduga Teroris di Jatim':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)