Puluhan Senjata Tajam Disita dari Rumah Terduga Teroris di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 13:50 WIB
Densus 88 Antiteror juga menangkap terduga teroris di Surabaya Barat. Penggeledahan kemudian dilakukan di rumahnya yang berada di Surabaya Utara.
Rumah terduga teroris, ZA (43)/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Densus 88 Antiteror juga menangkap terduga teroris di Surabaya Barat. Penggeledahan kemudian dilakukan di rumahnya yang berada di Surabaya Utara.

Terduga teroris tersebut yakni ZA (43). Ia diduga ditangkap di kawasan Tanjungsari, Sukomanunggal pada Senin (1/3). Lalu Densus 88 melakukan penggeledahan di rumah ZA di Jalan Tambak Deres Gang II, RT 01 RW 01 Kelurahan Kenjeran, Kecamatan Bulak.

Salah seorang warga, Kasianto, kemudian menjadi saksi dalam penggeledahan tersebut. Ia mewakili Ketua RT setempat.

"Saya tadi malam diminta menyaksikan (penggeledahan). Di situ ditemukan senjata tajam berbagai macam jenis. Kurang lebih tiga puluhan. Ada kapak, ada hammer, ada pedang," kata Kasianto kepada wartawan di Kantor Kelurahan Kenjeran, Selasa (2/3/2021).

Kasianto menambahkan, Densus 88 juga mengamankan alat komunikasi. "Ada HP, kalau nggak salah itu dua. Ada laptop dua. Ada buku-buku dan kayaknya ada buku rekening tabungan," imbuhnya.

Sebelum barang-barang tersebut dibawa oleh tim Densus 88, menurut Kasianto, barang-barang tersebut ditunjukkan terlebih dahulu kepada para saksi penggeledahan.

"Disaksikan saya mewakili Pak RT juga Pak RW. Sebelum dimasukkan di glangsing (karung). Itu empat glangsing," ungkap Kasianto.

Ia melanjutkan, proses penggeledahan berlangsung singkat sekitar 30 menit. Penggeledahan juga disaksikan oleh istri terduga teroris tersebut.

"Kurang lebih setengah jam. Kurang lebih jam 18.30 WIB sebelum isya," pungkasnya.

Simak video 'Densus Sita Pistol Rakitan-Samurai dari 12 Terduga Teroris di Jatim':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)