Perempuan Hamil di Banyuwangi Diamankan Gegara Gelapkan 7 Motor Sewaan

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 17:03 WIB
polresta banyuwangi
2 Perempuan, satunya hamil, diamankan karena menggelapkan 7 motor (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Diduga menggelapkan 7 motor, seorang perempuan hamil diamankan. Perempuan yang hamil 6 bulan ini ditangkap bersama teman perempuannya, yang juga bersekongkol menggelapkan kendaraan sewa itu.

LA (37) dan M (33) ditangkap setelah kedua warga Desa/Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi itu menggasak 7 kendaraan sewa yang kemudian dijualnya.

"Keduanya kita tangkap bersamaan atas laporan dari korban warga Kecamatan Glagah Banyuwangi," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom, Jumat (26/2/2021).

Modusnya, kata Arman, tersangka LA menyamar menjadi pengusaha beras yang membutuhkan kendaraan untuk karyawannya. Sementara M menjadi orang yang meyakinkan korban, jika LA benar-benar membutuhkan kendaraan sewa itu. Hingga akhirnya kerjasama pun disepakati untuk menyewa Honda BeAT sebanyak 7 unit.

"Kesepakatan dalam kerjasama itu per kendaraan Rp 100 ribu untuk sewa dalam sehari," tambahnya.

Awalnya, pelaku membayar tanggungan sewa dengan normal. Namun, belakangan mulai macet. Karena merasa curiga, korban memilih melapor ke polisi. Berbekal laporan korban tersebut kepolisian melakukan penyelidikan. Hingga berhasil mengamankan seluruh barang bukti.

"Barang bukti motor digadaikan dengan harga beragam. Mulai Rp 4,5 juta hingga Rp 5 juta. Motor sewaan itu ada yang digadaikan hingga ke luar pulau," papar Arman.

"Dari kejadian ini, korban mengalami kerugian hingga Rp 105 juta. Motor yang digelapkan pelaku rata-rata masih baru," ujarnya.

Akibat penggelapan motor itu, kedua pelaku harus merasakan dinginnya sel tahanan Mapolresta Banyuwangi. Penyidik menjerat pelaku dengan pasal 372 dan 378 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara.

Kepada petugas, pelaku berdalih tidak memiliki biaya hidup. "Saya butuh uang untuk beli kebutuhan, sehingga saya gadaikan motor sewaan itu," ungkap LA.

"Hasil menggelapkan motor saya gunakan untuk membayar sewa dan menutupi biaya hidup," kata LA.

Tonton juga Video: Gelapkan Motor Kekasih, Pecatan Polisi di Pinrang Ditangkap

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)