Banyuwangi Mulai Vaksinasi COVID-19 Tahap Dua, Sasar 11.430 Warga

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 23:24 WIB
vaksinasi covid-19 banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Banyuwangi mulai dilaksanakan. Sebanyak 11.430 warga ditargetkan mendapatkan suntikan vaksin buatan Sinovac ini.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono menjelaskan pelaksanaan vaksinasi tahap II dimulai hari ini secara serentak di 62 fasilitas layanan kesehatan penyelenggara vaksinasi. Pada tahap II ini, vaksinasi menyasar 11.430 orang yang terdiri dari TNI/Polri, petugas pelayan publik, jurnalis, dan anggota legislatif.

"Termasuk juga tenaga dan petugas kesehatan yang belum mendapatkan vaksinasi. Harapan kami, seluruh sasaran di tahap II ini dapat kami selesaikan dalam waktu satu pekan ke depan," ujar Rio, sapaan akrab dr. Widji Lestariono kepada detikcom, Jumat (26/2/2021).

Rio melanjutkan pelaksanaan penyuntikan vaksin kali ini akan dilakukan berdasarkan klaster kantor. Para ASN dijadwalkan akan mendapatkan suntikan di fasilitas layanan kesehatan yang terdekat dari kantornya.

"Mulai hari ini sudah ada PNS, anggota TNI/Polri yang telah disuntik. Mereka kami jadwalkan disuntik di faskes yang terdekat dengan lokasi kantornya," jelasnya.

Seperti yang tampak di Puskesmas Mojopanggung yang pada hari ini mulai melayani vaksinasi untuk ASN. Kepala Puskesmas Mojopanggung dr. IB Endrawan menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan jatah melakukan vaksinasi pada 529 orang.

"Kami ditunjuk untuk melakukan vaksinasi kepada seluruh ASN yang tempat kerjanya berada di wilayah Kecamatan Giri. Misalnya, ASN di seluruh Dinas Kominfo dan Persandian, Inspektorat, Dinas Perikanan, Kantor Kecamatan Giri, termasuk anggota kepolisian. Untuk anggota TNI, dilaksanakan terpusat di Kantor Kodim 0825 Banyuwangi," terangnya.

Ditambahkan Vitha Stiaris, vaksinator pada puskesmas tersebut bahwa untuk menyelesaikan target tersebut, Puskesmas Mojopanggung menjadwalkan pelaksanaan vaksin seminggu penuh mulai Senin-Sabtu dengan jumlah sesi yang bervariasi.

"Untuk Senin-Kamis, kami buka empat sesi masing-masing 15 orang per sesi. Hari Jumat kita buka hanya dua sesi, sementara Sabtu kita buka tiga sesi. Target kami, semua sasaran bisa selesai tervaksin hingga 10 Maret mendatang," ujarnya.

Banyuwangi sendiri telah menerima sebanyak 22.860 dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac beberapa hari sebelumnya. Saat ini, vaksin tersebut telah terdistribusi ke semua fasilitas layanan kesehatan penyelenggara vaksinasi untuk segera diberikan kepada sasaran vaksin.

(iwd/iwd)