Bisnis Narkoba Rp 1 M Dikendalikan Napi, Lapas Porong Membantah

Suparno - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 12:40 WIB
Lapas Porong
Lapas Klas I Surabaya di Porong (Foto: Suparno/File)
Sidoarjo - Satu keluarga warga Jombang yang bisnis narkoba beromzet Rp 1 milliar mengaku dikendalikan seorang napi dari Lapas Porong. Pihak Lapas Klas I Surabaya di Porong membantah bahwa hal tersebut tidak benar.

Kalapas Klas I Surabaya di Porong Gun Gun Gunawan mengatakan pihaknya selalu secara rutin memberikan peringatan dan edukasi kepada semua petugas. Jangan sampai ada peredaran narkoba di dalam Lapas. Pihaknya selalu selektif dalam memeriksa sesuatu barang yang masuk ke Lapas Porong ini.

"Kami akan tindak tegas siapapun yang memfasilitasi baik itu petugas lapas maupun napi yang melakukan kegiatan atau membantu peredaran narkoba di lapas. Sekali lagi kami tindak tegas," kata Gun Gun kepada detikcom di Lapas Porong, Jumat (26/2/2021).

Gun Gun menjelaskan usai beredar berita dari Jombang bahwa ada satu keluarga yang menjadi kurir dikendalikan dari Lapas, Rabu (24/2) sore pihaknya langsung bekerjasama dengan Satresnarkoba Polda Jatim untuk melakukan penggeledahan di blok napi narkoba.

"Kami langsung melakukan penggeledahan yang bekerjasama dengan pihak Polda Jatim untuk melakukan penggeledahan terhadap para napi dan ruangan di blok narkoba," tambah Gun Gun.

Gun Gun menjelaskan dalam penggeledahan tersebut tidak ditemukan atau terbukti bahwa ada napi yang yang mengendalikan peredaran narkoba di lapas. Sampai saat ini pihaknya terus secara masif akan memerangi peredaran narkoba di dalam Lapas.

"Saat penggeledahan hasil nihil tidak ditemukan apapun," jelas Gun Gun. (iwd/iwd)