Round-Up

Tragedi Longsor Pamekasan Timbun 5 Santriwati

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 25 Feb 2021 09:28 WIB
longsor di pamekasan madura timpa ponpes dan warga
Longsor Pamekasan menimbun 5 santriwati/Foto: Istimewa (Dok Anshor Pamekasan)
Surabaya -

Hujan deras disertai angin kencang di Kabupaten Pamekasan menjadikan tebing setinggi sekitar 25 meter longsor. Longsor Pamekasan itu terjadi di Ponpes Annidhamiyah, Dusun Jepun, Desa Bindang, Kecamatan Paseanan.

Longsor itu merobohkan dua bangunan asrama santriwati hingga menimbun 7 orang. 5 Santriwati meninggal dunia, sedangkan 2 lainnya selamat meski mengalami luka. Peristiwa longsor baru pertama kali terjadi Rabu (24/2/2021) pukul 02.00 WIB ini sebelumnya diterjang hujan deras dan angin kencang yang sangat ekstrem.

Pengasuh Ponpes Annidhamiyah, Ustadz Maimon membenarkan hal itu. Pria yang juga kepala sekolah SMP Ponpes Annidhamiyah tersebut mengaku hujan dan angin ekstrem terjadi sejak Selasa (23/2/2021) malam, usai salat Isya'. Kondisi itu terus berlangsung hingga dini hari, sehingga membuatnya tidak tidur.

"Malam itu mulai sesudah isya hujan sangat deras sekali. Bahkan bisa dibilang ekstrem (hujan) turun. Hingga pukul 22.00 WIB-24.00 WIB itu hujan tidak berhenti, kemudian disertai dengan angin juga," tutur Maimon kepada detikcom.

Maimon menambahkan, kondisi hujan dan angin kencang itu bahkan terus berlangsung hingga sekitar pukul 01.30 WIB.

"Saya waktu itu menjaga di sekitar lingkungan pondok, termasuk drainase. Itu saya jaga. Jadi saya tidak tidur waktu itu," imbuhnya.

Lantas santriwati di sekitar lokasi, jelas dia, dibangunkan karena hujan disertai angin kencang. Namun belum sempat bangun, sebuah petir terdengar menggelegar kemudian disusul longsoran tanah yang jatuh dari ketinggian sekitar 25 meter.

"Itu sebenarnya korban itu sudah dibangunin oleh teman-temannya yang lain. Karena memang hujan ekstrem. Dikedor-kedor pintunya. Tapi belum sempat bangun, kemudian ada petir keras kemudian bersamaan waktu itu (Longsor). Sangat cepat waktu itu," tambah Maimon.

Lihat juga video 'Lereng Gunung Wilis Nganjuk Longsor, 16 Orang Masih Tertimbun':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2