Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Tubuh Kasatpol PP Surabaya Lemas

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 11:05 WIB
Vaksinasi COVID-19 tahap dua digelar hari ini di Surabaya. Petugas pelayanan publik, lansia hingga beberapa kepala OPD pemkot disuntik vaksin.
Kepala Satpol PP Surabaya Eddy Christijanto disuntik vaksin COVID-19/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Vaksinasi COVID-19 tahap dua digelar hari ini di Surabaya. Petugas pelayanan publik, lansia hingga beberapa kepala OPD pemkot disuntik vaksin.

Salah satu Kepala OPD yang divaksin yakni Kepala Satpol PP Surabaya Eddy Christijanto. Ia mengalami KIPI usai disuntik vaksin. Ia yang duduk terlihat sedikit lemas.

Pantauan detikcom, usai disuntik Eddy duduk dan ditemani Kepala OPD lainnya. Mereka menghibur Eddy agar tidak lemas dan bersemangat kembali usai disuntik vaksin COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita yang menemani dan menghibur, juga memijat punggung Eddy. Ia juga berkali-kali mengecek denyut nadi di pergelangan tangan Kasatpol PP itu.

Usai dipijat oleh Kadinkes, Eddy dipijat oleh Kepala BPB Linmas Irvan Widyanto. Petugas kesehatan juga mengecek tensinya untuk memastikan sudah tidak tegang lagi.

Menurut Plh Wali Kota Surabaya Hendro Gunawan, KIPI yang dirasakan oleh Eddy itu ringan. Hal itu terjadi karena rasa cemas dari Kepala OPD yang biasanya menindak pelanggaran di Surabaya.

"Ndak ada apa-apa. Biasa kecenderungan ada yang nervous. Tadi ndak ada apa-apa," kata Hendro di Balai Kota Surabaya, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, KIPI yang dirasakan Eddy juga bisa disebabkan karena rasa cemas sebelum disuntik vaksin Sinovac. Kemungkinan ia juga merasa takut. Usai tenang dan rileks, Eddy menuju ke ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya.

"Cemas saja, keringat dingin, lemes karena takut," pungkasnya.

(sun/bdh)