Tanggul Waduk Wojomanis Lamongan Sliding 100 Meter

Eko Sudjarwo - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 17:00 WIB
tanggul sliding di lamongan
Titik tanggul yang sliding 100 meter (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Tanggul waduk di Lamongan bergeser atau sliding. Tanggul sliding tersebut ada di Waduk Mojomanis yang ada di Kecamatan Kembangbahu.

Data yang dihimpun dari BPBD Lamongan menyebutkan tanggul Waduk Mojomanis yang mengalami pergeseran tersebut adalah titik tanggul yang berada tepat di pinggir jalan.

"Tanggul yang mengalami sliding atau bergeseran adalah tanggul Waduk Mojomanis, Kecamatan Kembangbahu, tepatnya yang ada di tepi jalan poros," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Muslimin mengungkapkan panjang tanggul sliding mencapai sekitar 100 meter dengan kedalaman pergeseran sekitar 2,5 meter. Pihaknya, kata Muslimin, bersama pemerintah desa setempat telah melihat lokasi dimana titik sliding tersebut.

"Sebelumnya hanya mengalami retakan kecil yang dianggap warga tidak mengkhawatirkan, tapi saat ini sudah sepanjang lebih kurang 100 meter," ujarnya.

Usai melihat lokasi tanggul sliding, lanjut Muslimin, pihaknya akan segera melapor ke BBWS Bengawan Solo agar segera ada penanganan. Pasalnya, kata Muslimin, jika tidak segera diperbaiki akan mengkhawatirkan mengingat kondisi cuaca saat ini.

"Kami akan laporkan ke BBWS Bengawan Solo agar bisa segera ditangani," imbuhnya.

Selain tanggul Waduk Mojomanis, tambah Muslimin, ada tanggul sliding lain di Lamongan. Tanggul tersebut di antaranya adalah tanggul Waduk Kalen, Kecamatan Kedungpring yang sudah ditangani, tanggul negara Bengawan Solo yang ada di Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng dan tanggul negara Bengawan Solo yang ada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Kalitengah.

(iwd/iwd)