Dinsos Pastikan 17 Ahli Waris Pasien COVID-19 di Ponorogo Tak Dapat Santunan

Charoline Pebrianti - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 12:18 WIB
Kadinsos Ponorogo Supriyadi
Kadinsos Ponorogo Supriyadi ( Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo -

Dinas Sosial Ponorogo memastikan 17 ahli waris dari korban yang meninggal akibat COVID-19 tidak mendapat santunan. Ini tertuang di dalam surat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial, Kemensos RI.

Isi dalam surat itu memastikan anggaran tahun 2021 tidak tersedia alokasi santunan kepada korban COVID-19.

"Jadi tanggal 18 Februari kemarin kami menerima surat dari Kemensos bahwa santunan akibat positif COVID-19 ini dibatalkan," tutur Kadinsos Supriyadi kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Supriyadi menambahkan pihaknya pada Juli 2020 lalu telah mengusulkan 17 penerima santunan akibat COVID-19.

"Maka Dinsos Ponorogo menyatakan bantuan itu pasti tidak ada. Alasannya, sesuai surat tidak ada anggaran santunan untuk kematian itu," jelas Supriyadi.

Padahal sebelumnya, keluarga dari korban pasien COVID-19 yang meninggal dunia berhak atas uang santunan sejumlah Rp 15 juta berdasarkan Surat Edaran Kementerian Sosial Republik Indonesia Nomor 427/3.2/BS.01.02/06/2020, tentang Penanganan Perlindungan Sosial Bagi Korban Meninggal Dunia Akibat COVID-19.

"Kalau sesuai surat yang kami terima sebelumnya ya Rp 15 juta, Ponorogo mengusulkan 17 orang. Persyaratan sudah lengkap dan verifikasi diterima Kemensos," kata Supriyadi.

Supriyadi pun berharap seluruh ahli waris bisa memahami kondisi keuangan negara. Semoga COVID-19 ini bisa segera selesai serta masyarakat Ponorogo sehat dalam kondisi baik.

"Nanti kami mulai hari ini menyampaikan ke mereka bunyi surat Kemensos, kami harap warga memaklumi kondisi keuangan negara," pungkas Supriyadi.

(iwd/iwd)