Ipuk-Sugirah Ditetapkan Jadi Bupati-Wakil Bupati Banyuwangi Terpilih

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 18:45 WIB
kpu tetapkan bupati-wakil bupati banyuwangi
Rapat pleno KPU penetapan Bupati/Wakil Bupati Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

KPU Banyuwangi menetapkan Ipuk Fiestiandani dan Sugirah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi terpilih pada pesta demokrasi Pilkbup Banyuwangi. Usai penetapan, KPU Banyuwangi akan berkirim surat berikut salinan keputusan penetapan pasangan terpilih kepada DPRD Banyuwangi untuk kemudian dilakukan proses selanjutnya

Penyerahan salinan keputusan penetapan KPU Banyuwangi dan penetapan pasangan calon terpilih ini dilakukan di Hotel Santika pada Kamis, (18/2/2021). Penetapan Ipuk-Sugirah tanpa dihadiri sang rival, yakni pasangan Yusuf Widyatmoko-Muhammad Riza Aziziy.

Penetapan ini tertuang kedalam Keputusan KPU Banyuwangi Nomor 15/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/II/2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020.

"Hari ini paslon Ipuk Fiestiandani dan Sugirah kami tetapkan sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada pemilihan kemarin," kata Komisioner KPU Banyuwangi Ari Mustofa kepada detikcom.

Penetapan ini tidak mengubah hasil perolehan suara sebagaimana rekapitulasi sebelumnya. Dimana Ipuk-Sugirah menang dengan perolehan suara 52,43 persen atau sebanyak 438.847 suara. Unggul dari rivalnya Yusuf Widyatmoko dan Muhammad Riza Aziziy dengan selisih 4,86 persen atau setara 40.734 suara.

"Tidak ada perubahan suara dalam penetapan ini, semua perolehan angka-angkanya sama dengan rekapitulasi kemarin. Salinan keputusan penetapan juga sudah diberikan kepada kedua pasangan calon atau yang mewakili," kata Ari.

Dalam penetapan pasangan terpilih ini, pasangan Yusuf-Riza berhalangan untuk hadir secara langsung. Meski tidak hadir, penetapan pasangan terpilih ini tetap berlangsung dan tidak merubah keputusan KPU Banyuwangi.

"Putusan MK terkait hasil sidang sengketa kita bacakan secara seksama. KPU Banyuwangi sudah mengundang kedua paslon, namun salah satu paslon berhalangan hadir sehingga diwakili. Meski demikian, tidak akan merubah penetapan ini," kata Ari.

Menurut Ari, setelah penetapan ini KPU Banyuwangi akan berkirim surat berikut salinan keputusan penetapan pasangan terpilih kepada DPRD Banyuwangi. Untuk kemudian dilakukan proses selanjutnya.

"Setelah ini berkas-berkas akan kami kirimkan ke DPRD Banyuwangi. Untuk pelantikan pasangan Ipuk Fiestiandani-Sugirah ini, sepenuhnya bukan menjadi wilayah KPU Banyuwangi," cetus Ari.

(iwd/iwd)