Gerindra Jatim Nilai Dana Hibah Rp 9 M untuk Museum SBY Wajar

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 13:47 WIB
Museum sby di pacitan
Rencana Museum SBY di Pacitan (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Pembangunan Museum SBY di Pacitan yang mendapat kucuran dana hibah Rp 9 miliar ramai dibahas warganet. Dana hibah tersebut bantuan keuangan khusus dari Pemprov Jatim kepada Pemkab Pacitan.

Plt Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Saddad menilai, bantuan keuangan khusus (BK) untuk pembangunan Museum SBY-Ani di Pacitan dinilai wajar. Pasalnya, sosok SBY adalah tokoh besar asal Jatim yang menjadi presiden RI dua periode.

"Dua periode menjabat sebagai presiden pasti meninggalkan legacy untuk bangsa ini. Kronik perjalanan beliau pasti ada sisi positif termasuk sisi humanis baik dalam keluarga maupun para sahabatnya patut dicontoh," ujar Anwar Sadad kepada detikcom, Kamis (18/2/2021).

Wakil Ketua DPRD Jatim ini menjelaskan, sebelum memberikan bantuan untuk museum SBY-Ani, Pemprov Jatim juga pernah memberikan hibah untuk menghormati tokoh-tokoh besar asal Jatim. Di antaranya rumah masa kecil Bung Karno di Blitar.

"Selain rumah masa kecil Bung Karno, Pemprov Jatim juga pernah memberikan bantuan untuk perbaikan fasilitas di makam Gus Dur. Di komplek makam tersebut juga ada makam dan kakek beliau yang tak lain adalah pahlawan nasional," ungkapnya.

Plt Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar SaddadPlt Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Saddad/ Foto: Faiq Azmi

Sadad yakin, SBY tidak pernah meminta atau mengajukan permohonan hibah ke Pemprov Jatim. "Saya percaya pasti Pak SBY tidak minta hibah kepada Pemprov Jatim, akan tetapi hibah tersebut adalah bagian dari wujud penghargaan dan rasa bangga masyarakat Jatim kepada sosok Pak SBY," jelasnya.

Sebelumnya dana bantuan Rp 9 miliar yang diberikan Pemkab Pacitan ke Yudhoyono Foundation untuk pembangunan Museum dan Galeri SBY-ANI menjadi sorotan warganet. Dana tersebut disalurkan ke APBD Pacitan dari Pemprov Jatim melalui skema bantuan keuangan khusus (BKK).

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono mengatakan, dana hibah untuk Museum SBY tersebut masih utuh dan berada di Pemkab Pacitan. Soal peruntukannya, Heru menegaskan, hal itu merupakan kewenangan dari Pemkab Pacitan.

"Dananya masih utuh, masih ada. Kalau peruntukannya, itu kewenangan Pemkab Pacitan. Dan apabila mau digunakan, harus memenuhi syarat-syarat. Dana itu tidak hanya untuk museum, tergantung Pemkab," ujarnya.

(fat/fat)