Kunjungi Longsor Nganjuk, Gubernur Khofifah Sumbang Bantuan

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 19:56 WIB
longsor di nganjuk
Gubernur Khofifah di lokasi longsor (Foto: Sugeng Harianto)
Nganjuk -

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi longsor Nganjuk di Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos. Khofifah juga memberikan bantuan kepada para korban.

Gubernur Khofifah menyerahkan bantuan berupa satu ton beras, makanan anak sebanyak 200 paket, matras 200 lembar, kasur 200 lembar, kids ware 50 paket, makanan siap saji 120 paket dan selimut 50 lembar. Tak hanya itu, juga diserahkan bantuan berupa 4 set APD, 1 unit Alkom, 120 paket lauk pauk serta 120 paket tambahan gizi. Sejumlah alat berat dan beberapa ambulans juga diterjunkan.

"Kita tidak bisa menduga ternyata hujan intensitas tinggi terus mengguyur wilayah ini dan akhirnya terjadi longsor. Kita semua menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban meninggal dari bencana longsor ini," ujar Khofifah kepada wartawan, Senin (15/2/2021).

"Kita doakan agar warga yang telah meninggal seluruh amalnya diterima oleh Allah SWT dan seluruh khilafnya diampuni. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, keihlasan, dan ketabahan. Dan bagi yang sedang dirawat di rumah sakit semoga lekas sembuh," imbuhnya.

Menurut Khofifah, lokasi bencana memang cukup curam. Kondisi tebing mengharuskan untuk meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan.

"Utamanya alat berat dan juga dipersiapkan jalan-jalan atau akses lainnya, sehingga dapat mencapai titik tertentu agar dapat mencapai titik perkiraan korban," terangnya.

Khofifah menuturkan bahwa Pemkab Nganjuk saat ini sudah memberikan edukasi kepada warganya untuk meningkatkan kewaspadaan. Itu penting dilakukan untuk mengantisipasi longsor susulan.

"Banyak warga telah diedukasi dan ditingkatkan kewaspadaannya jika sewaktu waktu terjadi intensitas hujan yang cukup tinggi," papanya.

Khofifah mengungkapkan bahwa bencana alam yang terjadi di Gempol Pasuruan, Bandar Kedung Mulyo Jombang dan longsor Nganjuk di Ngetos Nganjuk sama-sama ada kaitannya dengan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

"Ujian ini memang cara Allah untuk mengingatkan kita semua Ada tanah yang mungkin mulai rentan, ada sungai yang ternyata kasusnya sama, ada sampah yang nyumbat akhirnya mengakibatkan banjir," tandas Khofifah.

Dalam kunjungannya ke lokasi longsor di Nganjuk, Khofifah didampingi Bupati Nganjuk, Danrem 081 Madiun, Dandim 08010 Nganjuk, Kapolres serta beberapa Kepala Dinas Pemprov Jawa Timur.

(iwd/iwd)