Kesaksian Warga Bondowoso soal Serangan hingga Puluhan Kambing Mati Misterius

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 13:45 WIB
Kambing milik warga Sempol, Kecamatan Ijen masih ada yang mati misterius. Warga sempat melihat sekelebatan yang melintas di seputaran kandang.
Kambing milik warga Sempol yang mati misterius/Foto: Chuk Shatu Widarsha
Bondowoso -

Kambing milik warga Sempol, Kecamatan Ijen masih ada yang mati misterius. Warga sempat melihat sekelebatan yang melintas di seputaran kandang.

Kendati demikian, warga tak berani memastikan sekelebatan itu berupa apa. Sebab, kecepatan gerakannya tak terkejar cahaya lampu senter.

"Saya gak berani memastikan, apa itu. Sepintas memang seperti binatang. Tapi cepat sekali gerakannya," kata Mohamad, seorang saksi mata saat bercerita pada detikcom di lokasi, Sabtu (13/2/2021).

Menurutnya, kejadian itu terjadi secara kebetulan. Saat itu dia memang sedang melintas di kawasan kandang. Mendadak, ia dikagetkan dengan suara gaduh dan berisik di seputar kandang itu.

"Pas saya senter, kelebatan tersebut gak nutut. Tapi samar-samar terlihat berkelebat. Cepat sekali," tutur Mohamad.

Serangan misterius pada kambing warga Desa Sempol terus terjadi. Terakhir, 9 ekor kambing kembali jadi korban.

Rinciannya, 7 ekor mati dan 2 ekor luka-luka. Padahal, warga sudah terus bersiaga di kawasan kandang. Belum diketahui penyebab pasti dari kematian hewan piaraan mereka. Sebab, kambing-kambing tersebut posisinya ada di dalam kandang. Biasanya baru diketahui pagi hari saat kandang dibuka untuk memberi makan.

Dinas Pertanian dan Hortikultura akhirnya turun ke lapangan untuk melakukan investigasi penyebab serangan misterius tersebut. Kesimpulan sementara, 'penyerang misterius' itu anjing hutan atau ajag. Dalam dua pekan terakhir, total sudah ada 39 kambing mati misterius.

(sun/bdh)