Penyelundupan 76 Motor ke Timor Leste via Surabaya Digagalkan

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 20:43 WIB
penyelundupan motor ke timor leste
Polisi gagalkan penyelundupan puluhan motor ke Timor Leste (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya -

Puluhan motor diduga hasil kejahatan yang akan diselundupkan ke luar negeri diamankan polisi. Motor-motor tersebut rencananya akan dijual ke Timor Leste.

"Kami berhasil mengungkap penjualan kendaraan roda 2 dan 4 yang diduga hasil kejahatan dan akan dijual ke luar negeri," ujar Kabid Humas Polda Jatim Gatot Repli Handoko saat jumpa pers, Rabu (10/2/2021).

Gatot melanjutkan total motor yang diamankan sebanyak 76 unit dari berbagai jenis dan pabrikan. Turut diamankan pula 5 orang tersangka yang mempunyai peran masing-masing.

5 tersangka itu yakni Dhanu Iswantoro (40) dan Pandega Agung (43), warga Surabaya yang berperan sebagai pengepul dan pembuat dokumen ekspor. Kemudian Mahmud (45), warga Surabaya juga sebagai pengepul, Arif Prasetiawan (35) warga Sidoarjo, Siswo Hartono (36) warga Jombang sebagai joki dan pencari kendaraan.

Wadireskrimum Polda Jatim AKBP Nasrun Pasaribu menjelaskan motor-motor yang dikirim ke luar negeri itu dijual ke Timor Leste sesuai pesanan. Adapun komplotan penyelundupan motor itu sudah beroperasi sejak 2017.

"Dilakukan sejak 2017 sampai 2021. Dan Januari kemarin ini kami mengungkapnya. Kendaraan ini dijual dan dikirim ke luar negeri ke Timor Leste ini hasil dari tindak pidana. Rata-rata kendaraan ini merupakan hasil penggelapan atau pencurian yang ada di wilayah Jatim," jelas Nasrun.

Menurut Nasrun, motor-motor yang dikirim Timor Leste dimasukan dalam kontainer dan diangkut kapal melalui ekspedisi. Dalam sebulan, kompolotan itu bisa mengirim 2 kontainer yang berisi 10 hingga 15 motor.

"Di sana juga sudah ada penampung dan penadahnya. Setiba di sana motor-motor tersebut kemudian langsung dibuatkan dokumen STNK negara sana," tandas Nasrun.

(iwd/iwd)