Pengamat Sebut Calon Ketua Demokrat Jatim Harus Milenial

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 21:29 WIB
Plt Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak
Plt Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak dan Sekretaris PD Jatim Bayu Airlangga (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Partai Demokrat Jatim akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda). Nama Emil Elestianto Dardak dijagokan akan memimpin partai berlambang mercy tersebut di Jatim.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Suko Widodo menilai, Demokrat Jatim pasca dipimpin Soekarwo (Pakde Karwo) butuh pemimpin yang berorientasi milenial. Suko melihat, sosok Emil merupakan sosok yang milenial.

"Berorientasi millenial, berorientasi masa depan, itu tidak harus orang muda, orang tua pun bisa. Orientasi milenial ya, bukan muda," ujar Suko, Senin (8/2/2021).

Selain nama Emil, Suko menyebut ada nama Bayu Airlangga yang merupakan menantu Pakdhe Karwo. Bayu juga dijagokan memimpin Demokrat Jatim.

Diketahui, Emil dan Bayu memiliki jabatan yang mumpuni saat ini untuk memimpin Demokrat Jatim. Emil Dardak selain menjabat Wakil Gubernur Jatim, saat ini adalah Plt Ketua Demokrat Jatim. Sedangkan Bayu, tercatat sebagai Sekretaris Demokrat Jatim sekaligus Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim.

Suko menegaskan, Ketua Demokrat Jatim memang sepatutnya berorientasi kepada milenial. Apalagi, suara milenial sangat menentukan saat pemilu mendatang.

"Jadi siapa yang bisa membesarkan Demokrat Jatim ketuanya ya harus berorientasi ke milenial, orientasi masa depan, tak peduli siapa pun dia," tandasnya.

Selain berorientasi milenial, lanjut Suko, pemimpin Demokrat Jatim harus mempunyai kecerdasan sosial serta hubungan yang baik dengan masyarakat.

"Bukan sekadar pidato, bukan sekadar terkenal, tapi dia memiliki jaringan enggak? Jadi yang bagus adalah mereka yang punya jaringan sosial. Pakdhe Karwo bisa jadi cerminan, dia punya komunikasi dan relationship yang bagus," jelasnya.

Terkait Emil dan Bayu, Suko menilai, keduanya punya peluang besar memimpin Demokrat Jatim 5 tahun ke depan.

"Saya kira keduanya punya potensi, saya enggak mengatakan kuat dan tidak, dia punya potensi," ungkap Suko.

Musyawarah Daerah VI DPD Partai Demokrat Jatim rencananya akan digelar pada Senin (15/2). Sejumlah kader dikabarkan punya potensi layak untuk maju. Di antaranya adalah Emil Elestianto Dardak (Plt Ketua Demokrat Jatim/Wagub Jatim), Bayu Airlangga (Sekretaris DPD PD Jatim), Ahmad Iskandar (Wakil Ketua DPRD Jatim), Sri Subiati (Ketua Fraksi PD DPRD Jatim) dan Agus Dono Wibawanto (Anggota FPD / mantan Ketua Fraksi PD DPRD Jatim). Sejumlah nama tersebut akan dipilih oleh DPC pemilik suara Musda.

(iwd/iwd)