Emil Dardak Calon Kuat Nakhodai Demokrat Jatim?

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 14:28 WIB
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak (Foto: Istimewa)
Surabaya -

DPD Partai Demokrat Jatim akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) VI pada 12 Februari 2021 mendatang. Plt Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak menjadi yang terkuat saat ini.

"Memang partai secara selektif (memilih) untuk Pak Emil dalam bentuk Plt. Saya kira saat Musda akan berjalan seperti itu (Emil nama paling kuat). Kita tetap pada jalur demokrasi dibuka, Demokrat partai yang sudah dewasa dan menjunjung demokrasi," ujar Wakil Ketua DPW Demokrat Jatim, Achmad Iskandar kepada detikcom, Jumat (29/1/2021).

Selain nama Emil yang beredar di Musda, ada nama menantu Pakdhe Karwo (Mantan Gubernur Jatim) yakni Bayu Airlangga (Sekretaris Demokrat Jatim). Kemudian Agus Dono Wibawanto (anggota DPRD Jatim), Sri Subiati (Ketua Fraksi Demokrat DPRD Jatim) dan Achmad Iskandar sendiri.

"Ya ndak, saya gak kepingin. Mulai dulu gak ada kepingin karena faktor usia. Saya gak lah, usia. Megang jatim, ada daerah yang kita kelilingi terus," terang Iskandar yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Iskandar menambahkan bahwa Emil layak memimpin Demokrat Jatim. Namun, proses demokrasi di Musda nanti tetap akan berjalan sesuai tahapan.

"Harus (memimpin), kalau dia sudah jadi Plt Ketua Demokrat dan layak, kenapa tidak? DPP sekarang juga keputusannya (Plt) diberikan kepada Pak Emil melalui seleksi beberapa nama," imbuhnya.

Diketahui sejak Soekarwo (Pakdhe Karwo) mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim lantaran diangkat menjadi Komisaris Utama salah satu BUMN tahun 2018 lalu, kursi Ketua DPD Partai Demokrat hanya dijabat oleh seorang Plt. Mulai dari Renville Antonio sampai Emil Dardak sampai sekarang.

Momentum Musda Februari mendatang, diprediksi DPC Demokrat di 38 kabupaten/kota akan memunculkan sejumlah nama kuat untuk dipilih menjadi ketua yang baru periode lima tahun ke depan.