Ini Arti Kata Santet Versi Persatuan Dukun Nusantara

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 18:46 WIB
Dewan Pembina Perdunu Gus Fahrur Rozi
Dewan Pembina Perdunu Gus Fahrur Rozi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Klarifikasi terhadap Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) Indonesia dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Dewan Kesenian Blambangan (DKB) Banyuwangi. Dalam klarifikasi tersebut Perdunu juga mengklarifikasi terkait Festival Santet yang menimbulkan kontroversi di masyarakat.

"Festival Santet ini masih berupa usulan. Kebetulan saya yang mengusulkan," kata Dewan Pembina Perdunu Gus Fahrur Rozi di depan para undangan, Senin (8/2/2021).

Menurut Gus Fahru, ada perbedaan mendasar antara santet dengan sihir. Santet menurut dia merupakan pengasihan atau mahabah dalam istilah agama islam. Sementara sihir merupakan ilmu hitam yang tujuannya untuk mencelakai orang.

"Jadi berbeda. Santet dan sihir itu berbeda. Ini yang akan kita luruskan," kata Gus Fahru.

Gus Fahru yang merupakan pimpinan padepokan di Alas Purwo mengaku sering kedatangan tamu dari luar Banyuwangi. Hampir setiap tamu yang datang menanyakan kepadanya terkait santet.

"Jadi kalau ngomong image Banyuwangi sebagai Kota Santet, sampai sekarang masih belum hilang. Namun yang diketahui orang luar, santet itu sama dengan sihir. Itu yang harus kita luruskan," tegasnya.

Saksikan 'Ngaku Bisa Gandakan Duit, Dukun Palsu di Kendari Diciduk':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2