Kodim 0825 Banyuwangi Siapkan Pasukan Antisipasi Erupsi Gunung Raung

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 11:08 WIB
Kodim 0825 Banyuwangi Siapkan Pasukan Antisipasi Erupsi Gunung Raung
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Kodim 0825 Banyuwangi memastikan kondisi masyarakat aman meski abu vulkanik dampak Gunung Raung erupsi menyebar di beberapa kecamatan. TNI dan Polri siap membantu warga, jika terjadi bencana dari erupsi Gunung setinggi 3.332 mdpl itu.

Untuk memastikan kondisi aman, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto langsung melakukan koordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Senin (8/2/2021).

"Kita ingin melihat kondisi Gunung Raung. Sesuai dengan informasi yang kita dapat dari PPGA Raung, kondisi ini masih aman," ujarnya kepada wartawan.

Menurutnya, masyarakat diminta tetap tenang meski hujan abu masih melanda di beberapa kecamatan di Banyuwangi. Pihaknya telah menyiapkan personel yang siap siaga untuk membantu warga, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Kita siapkan pasukan. Kita sudah lakukan rakor kontijensi kebencanaan di Kodim beberapa waktu lalu. Berapapun pasukan akan kita kirim untuk membantu warga. Seperti kemarin di Kecamatan Srono ada angin kencang kami langsung kirim pasukan membantu warga," tandasnya.

Sementara Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo menjelaskan kondisi Raung masih aman. Memang banyak laporan jika di beberapa wilayah di Banyuwangi mengalami hujan abu. Ini dikarenakan material abu vulkanik yang ada di puncak gunung terbawa angin. Bahkan, kata Mukijo, abu vulkanik Gunung Raung terbang hingga Jembrana dan Buleleng, Bali.

"Sampai tgl 7 Februari 2021 ini gunung Raung masih ditingkat level II (Waspada) bahwa tadi pagi dibeberapa daerah di Banyuwangi terdampak hujan Abu Vulkanik termasuk Buleleng Bali," ucapnya.

Pihaknya juga melihat kepada masyarakat untuk tidak panik dengan kondisi saat ini. Karena sampai saat ini, Gunung Raung masih aman untuk masyarakat di sekitar lereng Gunung.

"Beberapa gambar yang di atasnya ada lava pijar belum keluar dari kawah ataupun kaldera. Hal ini sifatnya masih aman cahaya yang kelihatan itu hanya pantulan, cahaya keatas secara visual kalau di pantau dari Pos Pantau dilihat pada malam hari kelihatan memerah hal ini masyarakat tidak usah panik tetapi tetap waspada,"pungkasnya. (fat/fat)