LAPAN Jelaskan Asal Fenomena Suara Dentuman Beberapa Daerah di Jatim

Faiq Azmi - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 20:56 WIB
Lapan Jelaskan Asal Fenomena Dentuman di Beberapa Daerah Jatim
Foto: Tangkapan Layar
Surabaya -

Warga di Jawa Timur seperti di Malang dan Surabaya, mendengar dentuman misterius, Rabu (3/2) dinihari. Hingga kini, suara dentuman yang terdengar mulai pukul 23.40 WIB-06.30 WIB itu belum diketahui sumbernya.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memberikan penjelasan terkait fenomena-fenomena dentuman tersebut. Koordinator Humas Lapan, Jasyanto mengatakan, selain karena adanya benda ilmiah yang masuk atmosfer, fenomena dentuman bisa juga muncul akibat adanya lapisan inversi di atmosfer.

"Penjelasan dari Tim Reaksi Analisis Kebencanaan (TREAK). Lapisan inversi adalah lapisan atmosfer yang hangat berada di atas lapisan atmosfer yang dingin. Pada kondisi normal, suhu atmosfer turun bersama ketinggian, sehingga lapisan atmosfer yang dingin berada di atas lapisan atmosfer yang hangat. Namun pada lapisan inversi terjadi sebaliknya, di mana lapisan atmosfer yang hangat berada di atas lapisan atmosfer yang dingin, karena itu disebut inversi (Terbalik)," ujar Jasyanto dalam rilis yang diterima detikcom, Minggu (7/2/2021).

Jasyanto menjelaskan, fenomena dentuman yang terjadi di Malang, Surabaya, serta beberapa daerah di Jatim disebakan thunderstorm. Thunderstorm ini sendiri bisa disebabkan oleh lapisan inversi di atmosfer.

"Lapisan inversi biasa terjadi pada malam dan dini hari, karena udara di dekat permukaan mendingin (Pendinginan radiatif), sementara udara di atasnya tetap hangat," terangnya.

Lapisan inversi, lanjut Jasyanto, dapat terjadi karena aliran udara hangat/dingin (adveksi) dan bertemunya udara hangat/dingin (front). "Lapisan inversi merupakan sesuatu yang biasa dan normal terjadi dalam dinamika atmosfer," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2