Bantuan Mengalir untuk Pengungsi Banjir Kepulungan Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 10:44 WIB
Pengungsi Korban Banjir Kepulungan Pasuruan akan dievakuasi ke Tempat Lebih Layak
Bantuan pengungsi terus mengalir (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan -

Bantuan pengungsi banjir bandang di Desa Kepulungan, Gempol, Pasuruan dari masyakarat terus berdatangan. Kebutuhan para pengungsi hingga 2 pekan ke depan tercukupi.

"Dapur umum secara mandiri sudah kita dirikan bersamaan dengan persiapan lokasi pengungsian. Dapur umum terus memproduksi makanan siap saji," kata Plt Kepala BPBD Pasuruan Ridwan Harris, Jumat (5/2/2021).

Harris mengatakan hari kedua pascabencana ini, dapur umum mengurangi produksi. Hal itu karena bantuan dari masyakarat terus berdatangan.

"Banyak bantuan dikirim ke pengungsian. Banyak berupa nasi bungkus, jadi nggak perlu masak. Banyak masyarakat yang berempati, matur nuwun pada masyarakat yang berempati, juga pada wartawan yang mengabarkan," jelas Harris.

Selain makanan siap saji, Harris memastikan kebutuhan pengungsi hingga 2 pekan ke depan tercukupi. Baik bahan makanan, peralatan masak, peralatan mandi dan peralatan tidur.

"Bantuan dari BPBD untuk dua minggu ke depan aman, mulai logistik, bahan makanan, lauk pauk, peralatan tidur, mandi. Kita juga dirikan toilet portabel," jelasnya.

Pengungsi korban banjir yang ada di Kantor Dusun Kabunan sebanyak 58. Terdiri dari 24 laki-laki, 26 perempuan dan 8 balita. Selain mereka yang rumahnya hancur terseret air bah, juga warga yang rumahnya rusak parah.

Banjir di Pasuruan menerjang Desa Kepulungan, terjadi saat Sungai Kambeng, meluap sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (3/2). Luapan sungai menerjang dan memporak-porandakan permukiman.

Sebanyak 30 rumah yang rusak. Dengan rincian 6 rumah hancur tersapu banjir, 11 rumah mengalami kerusakan parah, 13 rumah mengalami kerusakan sedang. Sejumlah warga terbawa arus dan 2 di antaranya hilang. Warga yang hilang sudah ditemukan dalam keadaan meninggal.

(fat/fat)