Pengungsi Banjir Kepulungan Pasuruan akan Dievakuasi ke Tempat Lebih Layak

Pengungsi Banjir Kepulungan Pasuruan akan Dievakuasi ke Tempat Lebih Layak

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 20:05 WIB
Pengungsi Korban Banjir Kepulungan Pasuruan akan dievakuasi ke Tempat Lebih Layak
Pengungsi banjir di Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan - Pengungsi korban banjir di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan rencananya akan dipindah ke tempat lebih layak. Pembangunan rumah yang rusak juga akan dipercepat.

"Kami sudah berdiskusi dengan Pak Sekda, dalam waktu dekat para pengungsi akan kita evakuasi ke tempat lain yang lebih layak untuk dihuni oleh saudara kita ini. Dan proses pembangunan rumah yang rusak akan dipercepat," kata Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan di lokasi pengungsian Balai Dusun Kabunan desa setempat, Kamis (4/2/2021).

Rofiq menyambangi pengungsian bersama Dandim Pasuruan Letkol Arh Burhan Fajari Arfian, Sekda Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya dan beberapa anggota dewan. Mereka memberikan bantuan kepada para pengungsi.

"Kebutuhan (logistik) untuk satu-dua minggu ini cukup. Namun kalau ada dari pihak lain yang berempati memberikan bantuan kita juga tak menutup itu. Monggo berkomunikasi langsung dengan kepala desa," terangnya.

Pengungsi banjir sebanyak 58, terdiri dari 24 laki-laki, 26 perempuan dan 8 balita. Selain mereka yang rumahnya hancur terseret bah, juga warga yang rumahnya rusak parah.

Kades Kepulungan, Didik Hartono, mengatakan ada 30 rumah yang rusak. "Sebanyak 6 rumah hancur tersapu banjir, 11 rumah mengalami kerusakan parah. Selain itu, 13 rumah mengalami kerusakan sedang," kata Didik.

Banjir di Pasuruan menerjang Desa Kepulungan, terjadi saat Sungai Kambeng, meluap sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (3/2). Luapan sungai menerjang permukiman dan memporak-porandakan belasan rumah. Sejumlah warga terbawa arus dan 2 di antaranya hilang dan ditemukan meninggal dunia.

(fat/fat)