Puluhan Rumah Dua Kecamatan di Banyuwangi Terendam Banjir

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 14:55 WIB
banjir di banyuwangi
Banjir di Banyuwangi(Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Hujan deras mengakibatkan banjir merendam puluhan rumah warga Banyuwangi. BPBD Banyuwangi menilai banjir terjadi karena sumbatan material sungai yang mengalir di sekitar jembatan.

Banjir terjadi, Rabu (4/2/2021). Terdata di Kecamatan Banyuwangi sekitar 30 rumah terendam di Kelurahan Sobo. Sementara untuk di Kecamatan Kabat sebanyak 40 rumah warga Desa Macan Putih juga terendam. Tak hanya itu, beberapa jalan protokol di Kota Banyuwangi tergenang air.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam mengatakan, banjir cenderung cepat surut. Banjir diakibatkan karena intensitas hujan yang deras. Selain itu, banjir diakibatkan karena luapan Sungai dari jembatan yang tersumbat meterial, baik sampah maupun kayu.

"Intesitas tinggi. Selain itu sumbatan di jembatan membuat air meluap," ujarnya kepada detikcom, Kamis (4/2/2021).

Saat ini, kata Eka, pihaknya terus melakukan pemantauan banjir di beberapa lokasi di Banyuwangi. Sebab hasil kajian BPBD Banyuwangi sejumlah kecamatan rawan banjir. Karena kecamatan tersebut memiliki aliran sungai yang hulunya berada di kawasan pegunungan Ijen.

"Lokasi yang kemungkinan terjadi banjir dan banjir bandang besar itu ada di Kecamatan Wongsorejo, Kalipuro dan Banyuwangi," tambah Eka.