Sempat Ditutup hingga Macet Parah, Jalur Pantura Pasuruan Kembali Lancar

Muhajir Arifin - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 12:18 WIB
Jalan Raya Tambakrejo Pasuruan kembali Sudah Lancar
Kondisi jalur pantura Pasuruan kembali lancar (Foto: Muhajir Arifin/detikcom)
Pasuruan - Jalan Raya Tambakrejo, Kacamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan sempat ditutup dan macet karena banjir. Saat ini banjir sudah surut dan lalu-lintas lancar.

Pantauan di lokasi Kamis (4/2/2021) pukul 12.00 WIB, sudah tak ada lagi genangan air. Kendaraan dari kedua arah melaju dengan lancar.

"Semua nggak hujan lagi di atas. Kalau hujan lagi kemungkinan Sungai Welang naik lagi," kata Yunus, warga di lokasi.

Banjir di Pasuruan tepatnya di Jalan Raya Tambakrejo berbatasan dengan Kota Pasuruan kerap terjadi saat Sungai Welang meluap. Sebelum meluber ke jalan, air dipastikan menggenangi Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton di sisi barat dan Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan di sisi timur.

Titik banjir di Jalan Raya Tambakrejo sepanjang 50-100 meter mulai Jembatan Sungai Welang hingga pertigaan Tambakrejo arah Sidogiri. Titik tersebut lebih rendah dari kedua sisi.

"Kalau air sudah 50 atau 60 cm, sudah nggak bisa lewat kendaraan. Polisi bisanya menutup jalan," ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Pasuruan Kota AKP Yudiyono menjelaskan pengalihan arus kendaraan upaya paling efektif mencegah kemacetan saat jalan ditutup. Pihak berkoordinasi dengan Polres Pasuruan saat pengalihan arus.

"Kendaraan roda empat dari timur atau Probolinggo dialihkan menuju Gerbang Tol Pasuruan. Sedangkan kendaraan roda empat dari barat atau Surabaya diarahkan ke Gerbang Tol Rembang," jelas Yudiyono.

(fat/fat)