Pendirinya Ditangkap, Pasar Muamalah di Madiun Jadi Dibangun?

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 14:23 WIB
pasar muamalah madiun
Balai Desa Teguhan, Kecamatan Jiwan, Madiun (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun -

Pendiri Pasar Muamalah Zaim Saidi telah ditangkap polisi. Dengan ditangkapnya Zaim Saidi, apakah rencana pembangunan Pasar Muamalah di Madiun akan tetap dilanjutkan?

"Kalau melihat situasi sekarang, melanggar aturan pemerintah ya kita tidak mengizinkan," ujar staf perangkat Desa Teguhan, Maun, saat dikonfirmasi detikcom di kantornya, Kamis (4/2/2021).

Maun mengatakan jika rencana pembangunan Pasar Muamalah tidak sesuai aturan pemerintah, maka bisa dipastikan akan meresahkan masyarakat. "Kita sesuai aturan pemerintah saja. Waktu itu juga ada pro kontra dari warga karena akses jalan menuju lokasi itu kan melewati jalan masyarakat (jalan kampung RT)," kata Maun.

pasar muamalah madiunLokasi yang akan dibangun Pasar Muamalah di Madiun (Foto: Sugeng Harianto)

Saat ditanya apa akan berkoordinasi dengan kepolisian terkait rencana pembangunan Pasar Muamalah, Maun mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada aparat. "Kalau itu wewenang kepolisian, kita intinya mengikuti pemerintah saja," tandas Maun.

Sementara itu, Kasun 02 Desa Teguhan Romadhon mengatakan pihaknya mengakui rencana pendirian Pasar Muamalah di desanya tersebut diikuti isu dengan digunakannya dinar dan dirham sebagai alat transaksi pembayaran.

"Isunya dulu mau dibangun pasar itu Muamalah menggunakan dinar atau dirham. Jadi pasarnya belum ada saat ini, belum setuju warganya," ujar Romadhon.