Polisi Screening Donor Plasma Konvalesen Bantu Stok PMI Surabaya yang Menipis

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 19:15 WIB
plasma konvalesen
Salah satu personel menjalani screening (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Polrestabes Surabaya menggelar screening donor plasma konvalesen. Screening dilakukan untuk membantu PMI Kota Surabaya untuk mendapatkan stok plasma konvalesen yang mulai menipis.

Screening pendonor plasma konvalesen ini diinisiasi Subbag Urkes Bag Sumda Polrestabes Surabaya yang ditujukan bagi penyitas atau yang pernah terpapar COVID-19.

"Dan ini yang kita laksanakan khusus bukan donor darah biasa, tapi ini plasma dan yang diambil adalah orang khusus juga tidak semuanya, jadi bagi yang tidak termasuk dalam kriteria tersebut maka tidak akan dilakukan donor," kata Kaurkes Polrestabes Surabaya dr Dony Aspriyadi, Selasa (26/01/2021).

Dony menambahkan pelaksanaan screening donor plasma konvalesen ini akan dilaksanakan secara bergelombang selama dua hari (tanggal 26-27 Januari 2021) dan target dari personel Polrestabes Surabaya sekitar 320 orang.

"Hari ini 150 dan besok 170," ujar Dony.

Dony menyampaikan tujuan digelarnya screening donor plasma konvalesen ini untuk mencari plasma konvalesen yang nantinya akan diberikan kepada pasien-pasien yang membutuhkan karena terpapar COVID-19 baik dalam keadaan sedang atau berat sebagai upaya terapi alternatif.

"Ini kita laksanakan screening dulu, dari tahap screening ini nanti akan dipilih sesuai kriteria indikator persyaratannya, apabila sudah memenuhi indikator yang telah ditentukan, maka akan dilanjutkan ke PMI untuk diambil plasmanya," ungkap Dony.

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol M. Akhyar mengatakan seluruh anggota Polrestabes Surabaya termasuk PNS yang pernah terpapar COVID-19 dan sudah dinyatakan sembuh, maka juga akan dilakukan tes screening donor plasma konvalesen sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

(iwd/iwd)