Saat Aparat Penyintas COVID-19 di Kota Kediri Kompak Donor Plasma Konvalesen

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 18:21 WIB
polresta kediri
Para pimpinan Forkopimda melihat langsung anggota mendonorkan plasma konvalesen (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kota Kediri -

Aparat di Kota Kediri yang merupakan penyintas COVID-19 kompak melakukan donor plasma konvalesen. Para pimpinan memantau langsung niat baik anggotanya tersebut.

Pimpinan Forkopimda mendatangi PMI Kota Kediri. Mereka melihat langsung anggotanya sedang mendonorkan plasma konvalesen.

Pimpinan Forkopimda itu adalah Kapolresta Kediri AKBP Eko Prasetyo, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Dandim 0809 Letkol Kav. Dwi Agung, dan Kajari Kota Kediri Sofyan Selle.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan donor plasma konvalesen adalah sesuatu yang sangat bermanfaat dan menjadi sedekah yang luar biasa untuk menyelamatkan nyawa manusia. Karena itu melalui program yang dibuatnya yakni Gerakan Donor Plasma Darah Konvalesen (gedor pasen), Abu ingin mengedukasi masyarakat bahwa penyintas COVID-19 tidak perlu dikucilkan.

"Dalam tubuh penyintas COVID-19 ada plasma yang bisa membantu kesembuhan bagi pasien COVID-19 yang ada di rumah sakit. Mereka ini ibaratnya from survivor to hero," ujar Abu kepada detikcom, Selasa (26/1/2021).

Kapolresta Kediri AKBP Eko Prasetyo juga mendukung upaya Pemerintah Kota Kediri menyukseskan Gedor Pasen dan mengajak masyarakat yang sudah sembuh dari COVID-19 untuk mendonorkan plasmanya.

"Alhamdulillah hari ini dari Forkopimda sudah mendapatkan pendonor plasma konvalesen. Ini upaya Forkopimda untuk menekan angka kematian. Mudah-mudahan ini bisa diikuti masyarakat yang sudah sembuh dari COVID-19," kata Eko.

Ketua PMI Kota Kediri dr Indrakso mengatakan Gedor Pasen sangat membantu. Sebelum adanya Gedor Pasen, masyarakat mungkin belum mengetahui mengenai donor plasma konvalesen di PMI.

"Di PMI sebenarnya sudah punya alat pengolah plasma. Namun untuk mendapatkan calon pendonor itu sangat sulit. Untungnya Pak Wali punya program bagus ini. Sehingga sampai hari ini sudah dapat delapan pendonor plasma konvalesen. Semoga akan terus bertambah," jelas dr Indrakso.

Berdasarkan data dari Pemkot Kediri, hari ini ada 7 penyintas yang mendonorkan plasma konvalesennya.

(iwd/iwd)