Gunung Raung Akan Meraung Saat Capai Puncak Erupsi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 15:54 WIB
Banyuwangi -

Gunung Raung yang erupsi sudah mengeluarkan magma. Namun menurut petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) raung, itu bukan puncak erupsi.

Magma keluar di permukaan kaldera Gunung Raung yang berdiameter 2 kilometer pada Minggu (24/1) malam. Muncul cahaya api yang di pantulan awan yang keluar di puncak gunung. Hal tersebut teramati dari CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Kampung Mangaran, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon.

Menurut petugas PPGA Raung, Burhan Alethea, ciri khas Gunung Raung saat di puncak erupsi yakni mengeluarkan gemuruh.

"Biasanya Gunung Raung kalau ada di puncak (erupsi) akan mengeluarkan suara raungannya. Nanti akan bergemuruh. Tapi sampai saat ini belum," ujarnya kepada detikcom, Senin (25/1/2021).

Menurut Burhan, keluarnya magma dengan asap putih karena mengalir mengenai kandungan yang mengandung air, merupakan awal dari puncak erupsi. Namun hal itu masih diamati oleh PPGA Raung hingga saat ini.

"Ini masih awal datanya masih di bawah. Masih jauh di tahun 2015," tambahnya.

Ditanya apakah akan sama dengan erupsi tahun 2015, pihaknya tidak mau berspekulasi. Namun jika dilihat dari data yang terekam oleh PPGA Raung, energi erupsi belum seperti letusan pada 2015.

"Kalau ke arah sana belum Pak, masih belum menyamai. Ini masih awal kita masih melakukan pemantauan. Energi dari awal apakah sama atau tidak kita belum bisa mengetahui. Kalau saat ini kan masih 12 sampai 13 mm kalau 2015 lalu itu sampai overskale hingga 30 mm," tambahnya.

Meski begitu, letusan Gunung Raung di tahun 2015 tidak sampai membuat bencana bagi masyarakat sekitar. Hanya hujan abu yang tersebar di 3 Kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Selanjutnya
Halaman
1 2