Erupsi Gunung Raung Tak Pengaruhi Ijen Meski Satu Gugus Pegunungan

Ardian Fanani - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 14:35 WIB
Gunung Raung erupsi dalam beberapa hari terakhir. Meski begitu, Gunung Ijen yang berada dalam satu gugus pegunungan tidak terpengaruh.
Pegunungan Ijen/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Gunung Raung erupsi dalam beberapa hari terakhir. Meski begitu, Gunung Ijen yang berada dalam satu gugus pegunungan tidak terpengaruh.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen, Suparjan membenarkan hal itu. Saat ini, kondisi Ijen masih dalam status level I alias normal.

"Sampai saat ini tidak ada dan semoga tidak terpengaruh," ujarnya kepada detikcom, Minggu (24/1/2021).

Gunung setinggi 2.386 mdpl itu, kata Suparjan, tidak mengalami gejala vulkanis seperti Gunung Raung. Pengamatan visual Gunung Ijen jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 50-100 meter di atas puncak kawah.

"Masih normal ya. Embusan masih 8 kali dengan amplitudo 1-3, vulkanis dalam hanya 1 dengan amplitudo 4 mm durasi 32 detik. Sementara tektonik jauh masih 1 kali," bebernya.

"Tetap waspadai potensi gas berbahaya dari danau kawah," tambahnya.

Oleh karena itu, masyarakat di sekitar Gunung Ijen dan pengunjung/wisatawan/penambang tidak diperbolehkan mendekati bibir kawah, maupun turun dan mendekati dasar kawah yang ada di puncak Gunung Ijen, serta tidak boleh menginap dalam kawasan Gunung Ijen dalam radius 500 m dari kawah.

"Meski masih berstatus level I atau normal, tapi juga harus mewaspadai potensi keluarnya gas berbahaya dari danau kawah," tambah Suparjan.

Beberapa hari lalu, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI meningkatkan status Gunung Raung dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Hal ini menyusul adanya erupsi yang terjadi pada Kamis (21/1) dini hari.

(sun/bdh)