Wagub Emil Sebut Penanganan COVID-19 Wilayah Mataraman Perlu Perhatian Khusus

Adhar Muttaqin - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 09:47 WIB
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak
Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek -

Lonjakan kasus penyebaran COVID-19 di wilayah Mataraman atau bagian barat Jawa Timur menjadi perhatian serius pemerintah provinsi. Sebab, peningkatan kasus Corona di wilayah Mataraman justru terjadi saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Kami sempat mengevaluasi (PPKM) memang setiap daerah bervariasi, yang menarik justru di wilayah Mataraman ini kasusnya kita lihat ada naik turun, malah jadi merah semua ini, artinya perlu ada perhatian khusus nih," kata Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Minggu (24/1/2021).

Ia menyebut beberapa daerah yang dinilai cukup tunggi, adalah Kabupaten Blitar (Sekarang oranye) serta Ponorogo. Sedangkan beberapa juga terjadi lonjakan tinggi antara lain Trenggalek, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ngawi dan Nganjuk.

Untuk penanganan kasus Corona di zona merah dibutuhkan strategi khusus, sehingga kasus paparan bisa lebih melandai. Pihaknya mengapresiasi langkah yang kini sedang ditempuh pemerintah daerah dengan melalukan penutupan destinasi wisata serta melakukan pembatasan aktivitas atau jam malam.

"Seperti cangkrukan di malam hari, kita hindari ini. Cangkrukan malam-malam khawatirnya banyak mudhorotnya dalam penyebaran COVID-19," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2