Wagub Emil Tinjau Asrama COVID-19 di Trenggalek, Beri Semangat Pasien Isolasi

Adhar Muttaqien - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 21:12 WIB
wagub emil
Wagub Emil saat mengunjungi asrama COVID-19 di Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqien)
Trenggalek -

Wagub Jatim Emil Dardak mengunjungi asrama COVID-19 di Trenggalek. Apa yang dilakukan Wagub Emil ini untuk menyemangati para pasien COVID-19 yang tengah menjalani masa isolasi.

Sejumlah pasien tampak menyambut kedatangan Wagub Emil dari atas balkon lantai dua di asrama COVID-19 di Jalan Brigjen Soetran Trenggalek. Emil pun memberikan semangat dengan melambaikan tangan dan berkomunikasi jarak jauh.

"Semoga segera negatif COVID-19 ya," kata Wagub Emil, Sabtu (23/1/2021).

Dalam komunikasinya, Wagub Emil sempat bertanya terkait aktivitas menjaga imunitas selama menjalani masa karantina, termasuk olah raga dan berjemur. Ia berharap para pasien tetap semangat dan optimis sehingga kondisi kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Sedangkan dalam upaya pemulihan pasien COVID-19 tanpa gejala, pihaknya mengapresiasi langkah yang diambil Pemkab Trenggalek yang melakukan pemilahan berdasarkan CT (Cycle Threshold) value. Pasien yang memiliki CT rendah dilakukan perawatan dan penanganan di rumah sakit, sedangkan pasien yang memiliki CT value tinggi menjalani karantina di beberapa asrama COVID-19.

Wagub Emil juga mengusulkan kepada pemerintah daerah agar pasien yang dirawat di rumah sakit, yang gejala klinisnya membalik dan mulai sembuh, bisa ditransitkan di asrama COVID-19.

"Dengan begitu masih ada ruang bagi pasien baru yang mungkin lebih membutuhkan perawatan lebih intensif. Mengingat ruang rawat pasien COVID-19 sudah penuh," tandas Wagub Emil.

(iwd/iwd)