Menang Lawan Kotak Kosong, KPU Ngawi Tetapkan Ony-Antok Jadi Bupati-Wabup Terpilih

Sugeng Harianto - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 22:14 WIB
KPU Ngawi Tetapkan Calon Tunggal Ony-Antok Pemenang Pilkada 2020
Calon tunggal jadi bupati Ngawi terpilih (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Ngawi -

Menang lawan kotak kosong, KPU Ngawi akhirnya menetapkan Ony Anwar-Dwi Riyanto Jatmiko sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Pilkada 2020. Kemenangan pasangan ini ditetapkan oleh di Gedung Kurnia Jalan Soekarno Hatta Ngawi dalam rapat pleno terbuka.

"Menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ngawi atas nama Ony Anwar Harsono dan Dwi Riyanto Jatmiko sebagai pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Ngawi terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati ngawi tahun 2020," ucap Komisioner KPU Ngawi Divisi Teknis Penyelenggaraan, Aman Ridho Hidayat saat membacakan SK, Sabtu (23/1/2021).

Dia mengaku pasangan Ony Anwar-Dwi Rianto Jatmiko mendapat 471.082 suara atau 94.42 persen dan kotak kosong mendapat 27.381 suara atau 5,58 persen. Untuk selanjutnya tahapan Pilkada Ngawi ini menunggu pelantikan Gubernur Jatim.

"KPU endingnya penetapan, kemudian SK Keputusan ini diserahkan ke pemkab, sebagai dasar untuk pengangkatan pasangan terpilih untuk dilantik gubernur," paparnya.

Dalam rapat pleno terbuka penetapan dihadiri pasangan calon terpilih. Diketahui Ony Anwar merupakan putra dari mantan Bupati Ngawi Harsono periode 2000-2010. Ony Anwar saat ini menjabat Wakil Bupati mendampingi Bupati Budi Sulistyono (Kanang) dua periode. Sedangkan Dwi Rianto Jatmiko (Mas Antok) merupakan Ketua DPC PDIP Ngawi.

Saat ini PDIP Ngawi memiliki 21 kursi di DPRD. Namun seiring komunikasi yang terjalin sangat baik dan sudah lama, PDIP tetap menggandeng 9 partai lain seperti Nasdem, Gerindra, Golkar, PKS dan Demokrat PKB PPP, PAN, dan Hanura.

(fat/fat)