Detik-detik Munculnya Bola Api Sebelum Ledakan Keras di Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 16:38 WIB
bola api
Ilustrasi bola api/Foto: Douyin

Ledakan keras tersebut juga disusul kobaran api yang cukup tinggi. Kobaran api dari titik ledakan terlihat jelas oleh warga dari jarak sekitar 500 meter. Warga yang tinggal sekitar 300 meter dari titik ledakan juga menyaksikan kobaran api membuat langit malam itu menyala merah. Mereka mengatakan api akibat ledakan seperti pabrik besar yang terbakar.

Pemilik lahan, Muslikh juga mengaku melihat kobaran api yang membumbung tinggi di lokasi ledakan. Menurut dia, kobaran api pasca ledakan disertai pijar-pijar warna putih.

Menurutnya, kobaran api sampai setinggi kebun bambu di atas kubangan bekas galian. Karena dekat dengan lokasi, saat itu lingkungan rumah bapak tiga anak ini sempat menjadi terang benderang.

Sementara pengamatan detikcom di lokasi ledakan, banyak tercecer bubuk warna abu-abu. Baik di dasar lahan bekas tambang pasir milik Muslikh, maupun di jalan dan pepohonan di dekat titik ledakan. Hanya saja tidak nampak lubang menganga akibat ledakan tersebut.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Rifaldhy Hangga Putra berpendapat, tidak ada karakter khusus pada ledakan keras tersebut yang bisa dianalisa untuk menentukan penyebab ledakan.

"(Karakter ledakan) Biasa saja, suara ledakannya 'Bum' begitu saja. (Karakter khusus apinya) Tidak ada. (Soal pijar-pijar warna putih) Kami belum ketemu saksi yang melihat sehingga belum bisa dipastikan pijaran api tersebut," terangnya saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (22/1/2021).

Sejauh ini, lanjut Rifaldhy, pihaknya baru meminta keterangan dari 5 saksi. Yakni pemilik lahan dan warga yang tinggal di sekitar lokasi ledakan. Sejumlah sampel dari lokasi juga diambil untuk dikirim ke Labfor Polda Jatim.

"Sampel serbuk abu-abu sudah diambil, termasuk beberapa barang kami ambil. Saat ini dalam proses pengiriman ke Labfor," pungkasnya.


(sun/bdh)