Wali Kota Malang Pertanyakan Indikator Perpanjangan PPKM Jawa-Bali

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 19:00 WIB
ppkm kota malang
Wali Kota Malang Sutiaji (Foto file: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Pemerintah berencana memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali. Pemerintah Kota Malang justru mempertanyakan indikator perpanjangan hingga dua pekan mendatang.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, pihaknya tengah menunggu surat resmi dari pemerintah pusat terkait rencana perpanjangan PPKM Jawa-Bali.

Sutiaji juga mempertanyakan apa saja indikator untuk memperpanjang PPKM. "Karena yang saya sampaikan, berhasil tidaknya PPKM, sekarang kan juga tingkat kesadaran masyarakat," ujar Sutiaji kepada wartawan di Balai Kota Malang Jalan Tugu, Kamis (21/1/2021).

Menurut Sutiaji, PPKM jilid pertama masih dalam tahap proses. Penilaian berhasil tidaknya pelaksanaan PPKM terlihat pada satu atau dua minggu setelahnya. Yakni masyarakat taat prokes COVID-19.

"PPKM itu kan sebenarnya memberikan warning. Ternyata COVID-19 masih ada, juga karena ada peningkatan kasus. Kita perlu diingatkan lagi," tutur politisi Partai Demokrat ini.

Sutiaji menambahkan, PPKM merupakan langkah mitigasi COVID-19. Selain penguatan kesadaran protokol kesehatan di tingkat masyarakat paling bawah.

"Pak RT/RW dikasih tahu agar mengedukasi warganya. Bahwa COVID-19 ini makin hari makin mengganas. Harus ada pemahaman secara berangsur," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2