Penjelasan Pencinta Reptil soal Ular Sanca Pemberi Kabar Banjir di Pasuruan

Penjelasan Pencinta Reptil soal Ular Sanca Pemberi Kabar Banjir di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 18:17 WIB
Banjir lumpur akibat luapan Sungai Petung di Desa Sekarputih, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan dikaitkan dengan cerita ular sanca gaib. Warga menuturkan, ular sanca penunggu sungai selalu memberi kabar saat banjir akan menerjang permukiman.
Ular sanca yang ditangkap warga Desa Sekarputih, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
"Pertama menuntut saya sangat mungkin ular sanca buat sarang di sana. Desa itu kan di tepi sungai, ular bisa bikin sarang dekat sungai. Bukan di dalam air ya, tapi di tanah, yang dekat atau tepi sungai," kata Jakfar Sodiq, Rabu (13/1/2021).

Menurut Jakfar, ular sanca banyak bersarang di hutan. Mungkin karena habitat mereka jelek atau sudah rusak dan merasa tak aman, jadi mereka turun.

"Jadi sangat mungkin ada sarang di sana (Desa Sekarputih)," jelasnya.

Terkait kemunculan ular sebelum banjir datang, tambah Jakfar, hal itu juga sangat normal. Ular akan keluar saat sarang mereka terendam air.

"Kalau asumsinya ada sarang di bawah jembatan. Ya kan normal, saat air sungai tinggi ular pasti keluar. Mungkin karena sarangnya terendam. Ular ini kan bukan satwa air. Jadi itu bukan ular gaib," imbuhnya.

Meski demikian, ia menyarankan agar warga tetap berhati-hati. "Kalau menangkap ya usahakan jangan sendirian. Ajak beberapa orang," pungkasnya.


(sun/bdh)