Penjelasan Pencinta Reptil soal Ular Sanca Pemberi Kabar Banjir di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 18:17 WIB
Banjir lumpur akibat luapan Sungai Petung di Desa Sekarputih, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan dikaitkan dengan cerita ular sanca gaib. Warga menuturkan, ular sanca penunggu sungai selalu memberi kabar saat banjir akan menerjang permukiman.
Ular sanca yang ditangkap warga Desa Sekarputih, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan -

Sebagian warga Desa Sekarputih, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan percaya bahwa ular sanca gaib penunggu Sungai Petung yang 'memberi kabar' datangnya banjir. Namun banyak juga yang percaya ular sanca tersebut nyata dan punya sarang di sekitar permukiman.

Keyakinan bahwa ular sanca bersarang di sekitar permukiman dikuatkan dengan seringnya ular predator itu muncul saat banjir. Bahkan dua kali warga menangkap ular yang memiliki senjata otot pembelit mematikan itu.

"Kalau masuk kampung seingat saya sudah beberapa kali saat banjir. Tapi yang ditangkap dua kali," kata Syamsudin (56), warga Sekarputih, Rabu (13/1/2021).

Syamsudin dan beberapa orang menangkap ular sanca sepanjang 3,5 meter saat banjir merendam desanya, Minggu (10/1) malam. Ular ditangkap saat hendak masuk rumah.

"Ada dua yang kelihatan. Satu masih kecil. Ini yang agak besar," terang Syamsudin.

Menurutnya, pada Bulan Februari 2016, ular sanca sepanjang 4 meter ditangkap saat banjir merendam permukiman. Belasan warga menangkapnya setelah beberapa jam berjibaku.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3