Cegah Kerumunan Selama PPKM, Polisi Pertimbangkan Tutup Jalan Darmo-Tunjungan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 21:41 WIB
jalan tunjungan ditutup
Jalan Tunjungan ditutup saat PSBB (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Polisi mempertimbangkan akan melakukan pembatasan jalan di Surabaya yang menjadi tongkrongan. Itu dilakukan mengantisipasi terjadi kerumanan pada akhir pekan saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Waka Polrestabes Surabaya AKBP Hartoyo mengatakan pihaknya masih mempertimbangkan akan melakukan penutupan ruas Jalan Tunjungan dan Darmo. Sebab selama PPKM, mal tutup pada pukul 20.00 WIB dan dikhawatirkan kerumunan beralih ke jalan raya.

"Tetap nanti akan kita lihat, tentunya dalam pelaksanaan 14 hari itu, manakala jalanan yang ramai maka ruas jalan utama akan kita batasi. Artinya jam 8 malam ke atas ruas jalan Darmo, Tunjungan akan kita tutup total," kata Hartoyo kepada detikcom, Selasa (12/1/2021).

Hartoyo menambahkan jika dua ruas jalan tersebut ditutup, diharapkan aktivitas kerumunan masyarakat agak lebih berkurang.

"Nanti kita lihat, nanti masyarakat tidak nongkrong, tapi di jalan, berarti kita harus menyesuaikan," ungkap Hartoyo.

Hartoyo menyampaikan, jika inti dari PPKM ini ialah membatasi kegiatan warga. Jadi menurutnya, kegiatan warga yang tidak produktif harus dihindari.

Selanjutnya, dalam PPKM ini, jika ada kegiatan masyarakat atau warung,kafe dan sejenisnya yang diluar ketentuan aturan akan dilakukan penindakan sesuai dengan Perwali yang ada dan tidak ada lagi teguran.

"Kita langsung tindak. Kita sudah sosilisasi seperti sudah kita atur kursinya. Tapi sudah kita atur kursinya dia bandel ya kita tindak," tandas Hartoyo.

(iwd/iwd)