Asrama Sekolah Model di Bojonegoro Disulap Jadi Lokasi Isolasi Pasien COVID-19

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 21:29 WIB
polres bojonegoro
Ruang isolasi di SMT Kapas (Foto: Ainur Rofiq)
Bojonegoro -

Bojonegoro menambah lokasi isolasi mandiri untuk pasien COVID-19 OTG. Lokasi disepakati di asrama milik Sekolah Model terpadu (SMT) di Desa Sukowati, Kecamatan Kapas.

"Sudah kita lakukan cek lokasi bersama pihak terkait. Ruangan ini sebagai antisipasi apabila nanti terjadi lonjakan pasien yang terkonfirmasi positif tapi yang bersifat OTG," ujar Kapolres Bojonegoro AKBP Eva Guna Pandia kepada detikcom, saat meninjau lokasi bersama Forkopimda, Kamis (7/1/2021).

Pandia mengatakan di asrama siswa milik SMT ini terdapat 64 kamar yang dapat digunakan sebagai tempat isolasi mandiri.

Sementara itu, Bupati Anna Mu'awanah mengatakan selain tempat isolasi di Gedung Tirta Wana Dander dan Asrama siswa SMT, juga akan ditambah lagi tempat lokasi di Hotel Griya Darma Kusuma dan BLK milik Dinsos jatim yang berada di Kelurahan Banjarjo Kecamatan Bojonegoro Kota.

"Sebenarnya ada lagi yang akan kita usulkan untuk penambahan persiapan jadi ruang isolasi yakni GDK dan BLK. Untuk Asrama SMT sudah siap kalau akan digunakan." jelas Bupati Anna.

Meski saat ini sudah diadakan penambahan ruang isolasi, dan rumah sakit juga tidak mengalami overload, Bupati dan forkopimda tetap mengajak masyarakat untuk taat protokol Kesehatan.

Guna mencegah penyebaran dan penularan COVID-19, Anna meminta warga selalu mengedepankan 4M, mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumunan. Jangan sampai terpapar COVID-19 yang akhirnya dibawa ke rumah isolasi.

"Kita wajib mengingatkan dan mensosialisasikan Instruksi Presiden serta aturan pemerintah terkait penegakkan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sebab, semakin tidak peduli maka COVID-19 justru akan menyerang kita," jelas Anna.

(iwd/iwd)