Luapan Sungai Akibat Hujan Deras Rendam Perumahan di Kediri

Luapan Sungai Akibat Hujan Deras Rendam Perumahan di Kediri

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 16:52 WIB
banjir di kediri
Petugas mengevakuasi warga menggunakan perahu karet (Foto: Andhika Dwi Saputra)
Kediri - Hujan deras yang mengguyur Kediri 5 jam kemarin membuat sejumlah sungai meluap. Luapan sungai mengakibatkan rumah warga di wilayah Kota dan Kabupaten Kediri terendam banjir.

Salah satunya adalah di Perumahan Taman Sambiresik Asri, Perumahan Kwadungan Kabupaten Kediri dan kawasan rumah warga di Kelurahan Ngampel Kota Kediri.

Banjir terjadi akibat dampak hujan lebat yang terjadi sejak Rabu (6/01/2021) sore hingga malam kemarin. Hujan tersebut menyebabkan sungai meluap baik di wilayah Kabupaten maupun Kota Kediri.

"Ini luapan air dari sawah sebelah timur perumahan. Di sebelah Timur ada sungai. Sungai itu meluap, terkena imbas ke sawah terus masuk ke lingkungan perumahan," kata Sekretaris Perumahan Taman Sambiresik Asri Bintara Setyawan, Kamis (7/01/2020).

banjir di kediriFoto: Andhika Dwi Saputra

Luapan air yang masuk ke rumah mengakibatkan barang rumah tangga tergenang air dan kendaraan warga banyak mengalami kerusakan. Hingga saat ini warga masih belum bisa melakukan aktivitas secara penuh.

Bintara mengatakan ketinggian air pada areal banjir mencapai 60 sampai 70 sentimeter atau setinggi paha orang dewasa. Akibat banjir ini, warga akhirnya harus izin tidak bekerja dan mengevakuasi anggota keluarga ke tempat saudaranya yang rumahnya tidak terkena banjir.

"Respons warga kemarin keluhannya yakni terkait sembako. Transportasi untuk membeli makanan keluar belum bisa. Banjir menyebabkan akses jalan terganggu untuk kendaraan pribadi," imbuh Bintara.

Hingga sampai saat ini, pihaknya beserta 59 kepala keluarga yang lain masih menunggu banjir surut. Inisiatif mendirikan tanggul juga telah dilakukan oleh warga.

Sementara itu Kapolsek Gampengrejo AKP Alam mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya evakuasi dan assesment kebutuhan warga terdampak di lokasi banjir.

"Anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gampengrejo telah melakukan upaya evakuasi dan assesment kebutuhan warga saat terdampak banjir bersama BPBD menggunakan perahu BNPB," jelas Alam.

Selain Perumahan Taman Sambiresik Asri, Kwadungan dan pemukiman warga Ngampel Kota Kediri, luapan banjir juga menggenangi puluhan hektar lahan pertanian Desa Sambiresik Kecamatan Gampengrejo. (iwd/iwd)