3 Daerah di Jatim Zona Merah COVID-19, Ini Detil Kasus Baru dan Kematiannya

Faiq Azmi - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 11:07 WIB
zona merah
Tiga daerah di Jatim berstatus zona merah (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya - Tiga daerah di Jatim kini berstatus zona merah (risiko tinggi) COVID-19. Tiga daerah itu adalah Kabupaten Blitar, Lamongan, dan Ngawi. Sementara daerah yang akan diterapkan pembatasan baru yakni Surabaya dan Malang Raya tidak ada yang masuk zona merah.

"Tiga daerah. Lamongan, Ngawi, Kabupaten Blitar sekarang zona merah COVID-19," ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (6/1/2021).

Kabupaten Blitar sendiri masuk zona merah, di mana dalam seminggu terakhir ada 483 kasus baru di sana. Angka kesembuhan dalam seminggu terakhir hanya berjumlah 272. Untuk angka kematian, ada 39 kasus.

Untuk Lamongan, dalam seminggu terakhir ada 143 kasus baru. Angka kesembuhan bertambah 118. Sedangkan untuk kasus kematian, tercatat ada 24 kasus.

Sementara Ngawi, dalam seminggu terakhir, ada 62 kasus baru. Angka kesembuhan bertambah 82. Sedangkan pasien COVID-19 yang meninggal dunia di Ngawi tercatat ada 4 kasus.

Tiga kabupaten yang ditetapkan zona merah COVID-19 itu sendiri minggu lalu, masih berstatus zona oranye.

Pada pekan lalu, ada 8 kabupaten/kota yang masuk kategori zona merah COVID-19 di Jatim. Ke-8 daerah yang minggu lalu masuk zona merah, kini sudah menjadi zona oranye semua. Yakni Tulungagung, Bojonegoro, Tuban, Kota Malang, Lumajang, Kota Blitar, Kota Madiun dan Kabupaten Mojokerto.

Untuk kawasan Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo), 3 daerah itu masuk zona oranye COVID-19. Sedangkan kawasan Malang Raya (Kab Malang, Kota Malang, dan Kota Batu) juga seluruhnya masuk zona oranye COVID-19.

Berikut detail zonasi COVID-19 di 38 kabupaten/kota di Jatim:

- Zona Merah (3 Kabupaten/Kota): Kabupaten Blitar, Ngawi, Lamongan,

- Zona Orange (35 Kabupaten/Kota):
Kota Surabaya, Kota Batu, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Malang, Kabupaten Kediri, Jember, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Magetan, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Kediri, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Tulungagung, Bojonegoro, Tuban, Kota Malang, Lumajang, Kota Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kota Madiun.

- Zona Kuning: Tidak ada

- Zona Hijau: Tidak ada

Simak juga video 'Ridwan Kamil Beberkan Zona Merah: Depok hingga Tasikmalaya':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)