3 Daerah di Jatim Ini Masih Berstatus Zona Merah COVID-19

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 10:02 WIB
zona merah jatim
Peta sebaran zona COVID-19 di Jatim (Foto: Tangkapan layar)
Surabaya -

Tiga kabupaten di Jatim masih berstatus zona merah (risiko tinggi) COVID-19. Dan belum ada ada kabupaten/kota yang berstatus kuning (risiko rendah).

Juru Bicara Satgas COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril mengatakan untuk minggu ini ada tiga kabupaten/kota yang berstatus zona merah COVID-19. Tiga daerah itu yakni Kabupaten Blitar, Ngawi dan Lamongan.

"Tiga daerah Lamongan, Ngawi, Kabupaten Blitar sekarang zona merah COVID-19," ujar Jibril saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (6/1/2021).

Angka itu, lanjut Jibril, turun dibanding pekan lalu. Di mana pada pekan lalu, ada 8 kabupaten/kota yang masuk kategori zona merah COVID-19 di Jatim.

Ke-8 daerah yang minggu lalu masuk zona merah, kini sudah menjadi zona oranye semua. Yakni Tulungagung, Bojonegoro, Tuban, Kota Malang, Lumajang, Kota Blitar, Kota Madiun, dan Kabupaten Mojokerto.

Berikut detail zonasi COVID-19 di 38 kabupaten/kota di Jatim:

- Zona Merah (3 Kabupaten/Kota): Kabupaten Blitar, Ngawi, Lamongan,

- Zona Orange (35 Kabupaten/Kota):
Kota Surabaya, Kota Batu, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Malang, Kabupaten Kediri, Jember, Bondowoso, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Magetan, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota Kediri, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Tulungagung, Bojonegoro, Tuban, Kota Malang, Lumajang, Kota Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kota Madiun.

- Zona Kuning: Tidak ada

- Zona Hijau: Tidak ada

Simak video '76 Wilayah RI Masuk Zona Merah Covid-19, Ini Daftarnya':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)