Kasus Baru COVID-19 Terus Meningkat, Lamongan Kembali Ke Zona Merah

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 12:10 WIB
zona merah lamongan
Zona sebaran COVID-19 di Lamongan (Foto: Tangkapan layar)
Lamongan -

Sempat menjadi zona oranye penyebaran COVID-19, Lamongan kini kembali ke zona merah. Selain Lamongan, 3 daerah lain di Jatim yang juga berstatus Zona merah (risiko tinggi) COVID-19 adalah Kabupaten Blitar dan Ngawi.

Kabag Prokopim Pemkab Lamongan Arif Bachtiar membenarkan jika saat ini Lamongan berada di zona merah. Status zona merah itu berdasarkan data masuk per 5 Januari ini. Arif mengatakan, di Lamongan ada peningkatan kasus terkonfirmasi COVID-19 dalam beberapa hari ini.

"Iya, pertanggal 5 Januari dari Pemprov. Tapi sejak tanggal 4 Januari Satgas COVID-19 kabupaten sudah mengkalkulasi masuk zona merah," kata Arif Bachtiar saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (6/1/2021).

Arif menuturkan peningkatan kasus terkonfirmasi COVID-19 di Lamongan ini terjadi linier dengan masa libur beberapa hari lalu. Hanya saja, Arif tidak bisa memastikan hanya faktor tersebut saja yang mempengaruhi peningkatan status karena saat ini juga ada peningkatan aktivitas perekonomian masyarakat.

"Terjadi linier dengan masa libur. Tapi tidak bisa memastikan hanya faktor tersebut. Karena juga ada peningkatan aktivitas perekonomian masyarakat," ujarnya.

Agar bisa menekan penyebaran COVID-19 ini, lanjut Arif, Satgas COVID-19 telah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif. Beberapa langkah yang ditempuh tersebut, terang Arif, adalah meningkatkan 3T yaitu testing, tracing dan treatment.

"Selain itu kami juga terus melakukan sosialisasi 3M dibarengi penegakan disiplin melalui operasi yustisi gabungan, melindungi komorbid dari kemungkinan terpapar COVID-19," tandasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2