Ruang ICU dan IGD di 7 RS Surabaya Penuh Pasien COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 05 Jan 2021 16:39 WIB
Kasus COVID-19 di Surabaya terus bertambah. Ruang ICU dan IGD yang tersedia di 7 rumah sakit (RS) di Surabaya penuh dengan pasien positif COVID-19.
Ruang ICU/Foto: Esti Widiyana

5. Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Unair

IGD masih mengalami overload. Beberapa pasien COVID-19 harus mengantre, menunggu ruang isolasi kosong. Ruang isolasi ICU RSKI Unair juga overload pasien COVID-19. RS kini mulai kewalahan dengan banyaknya pasien yang masuk.

"Kemarin saja, kamar dan ruang ICU RSKI penuh, masih tersisa 12 pasien di IGD ini," kata Jubir Satgas COVID-19 RS Unair, dr Alfian Nur Rasyid SpP.

Di IGD RSKI Unair terdapat 12 bed. Namun hari ini overload oleh pasien COVID-19 yang terus berdatangan. Melonjaknya pasien ini diprakirakan bisa jadi karena dampak liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun, sebelum libur Nataru kondisi RSKI juga sudah penuh.

"Iya, bisa jadi berhubungan dengan pascalibur Nataru. Iya, hampir setiap hari ada pasien baru," ujarnya.

6. RS Adi Husada Undaan Wetan

Di IGD RS Adi Husada Undaan Wetan juga overload pasien COVID-19. "Iya IGD full, kalau IGD kan sifatnya dinamis tidak bisa diprediksi dan bisa berubah. Kalau malam memang kebanyakan full bed," kata Kepala Unit Pemasaran & Layanan Pelanggan RS Adi Husada Undaan Wetan, dr Sylvia Sumitro.

Sylvia menambahkan, ruang ICU RS Adi Husada Undaan Wetan berkapasitas 12 bed dan 7 ventilator. "Yang pasti full terus itu ICU. Lonjakan pasien ini sudah terjadi sebelum libur Natal dan tahun baru 2021," jelasnya.

7. RSU dr Soetomo

Sempat beredar pesan pemberitahuan dari RSU dr Soetomo jika kondisi IGD penuh pasien COVID-19. Bahkan banyak nakes pula yang terpapar. Sebagian pemberitahuan itu dibenarkan pihak RSU dr Soetomo.

"Ada yang benar, ada yang enggak. Cuman itu semuanya melalui proses. Masalahnya kalau IGD penuh semua IGD di RS di Surabaya, bahkan di Jawa Timur ini penuh," kata Humas RSU dr Soetomo, dr Pesta Parulina saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (3/1/2021).

Pesta mengatakan, soal penumpukan pasien di RSU dr Soetomo merupakan suatu proses. Untuk menuju ruang perawatan dibutuhkan beberapa pemeriksaan tambahan.

Halaman

(sun/bdh)