Ruang ICU dan IGD 5 RS di Surabaya Overload Pasien COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 19:47 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Surabaya -

Kondisi RS rujukan COVID-19 di Kota Surabaya masih overload. Dari penelusuran detikcom di 5 RS di Surabaya, kapasitas IGD yang tersedia masih overload.

1. RS Khusus Infeksi (RSKI) Unair
Di IGD-nya masih mengalami overload. Belasan pasien COVID-19 mengantre, menunggu ruang isolasi kosong.

Selain di IGD, ruang isolasi ICU RSKI Unair pun juga overload pasien COVID-19. Akibatnya RS kini mulai kewalahan dengan banyaknya pasien yang masuk.

"Kamar dan ruang ICU RSKI penuh, masih tersisa 12 pasien di IGD ini," kata Jubir Satgas COVID-19 RS Unair, dr Alfian Nur Rasyid SpP saat dihubungi detikcom, Senin (4/1/2021).

Kapasitas di IGD RSKI Unair terdapat 12 bed, padahal pihaknya sudah menambah bed. Namun, hari ini overload oleh pasien COVID-19 yang terus berdatangan.

Alfian mengatakan, overloadnya pasien COVID-19 di RSKI Unair ini bisa jadi karena dampak liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun, sebelum libur Nataru kondisi RSKI juga sudah penuh.

"Iya, bisa jadi berhubungan dengan pasca libur Nataru. Iya, hampir setiap hari ada pasien baru," ujarnya.

2. RS Adi Husada Undaan Wetan
Di IGD RS Adi Husada Undaan Wetan juga mengalami hal yang sama, yakni overload. "Iya IGD full, kalau IGD kan sifatnya dinamis tidak bisa diprediksi dan bisa berubah. Kalau malam memang kebanyakan full bed," kata Kepala Unit Pemasaran & Layanan Pelanggan RS Adi Husada Undaan Wetan, dr Sylvia Sumitro.

Sylvia menambahkan ruang ICU RS Adi Husada Undaan Wetan berkapasitas 12 bed dan 7 ventilator. "Yang pasti full terus itu ICU. Lonjakan pasien ini sudah terjadi sebelum libur natal dan tahun baru 2021," jelasnya.